Kembali ke Artikel
Wujudkan Pelayanan Digital, Diskominfo Bontang Sosialisasikan Portal Pemerintah Dasuki - Kepala Diskominfo saat menjelaskan soal portal - portal yang dimiliki Pemkot Bontang. (Foto:Muhammad Fajrul)
09 Aug/2019

Wujudkan Pelayanan Digital, Diskominfo Bontang Sosialisasikan Portal Pemerintah

PARADASE.ID. Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang menggelar kegiatan Inspiratif  Expo dengan tema Kominfo Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, di Halaman parkir DPMPTSP Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Bontang Utara, Jumat (9/8) pagi.

 

Kepala Dinas Kominfo Dasuki menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi Kominfo terkait upaya pemerintah yang sudah lebih terbuka soal dunia digital. Salah satunya adalah keterbukaan pemerintah dengan berbagai aspek.

 

Secara rinci Dasuki mengatakan, salah satunya yaitu saat ini pemerintah telah memiliki portal yang memberikan informasi kepada masyarakat. Mulai dari layanan administrasi, layanan publik, transparansi keuangan, bontang terkini, hingga layanan pengaduan bernama kesah etam.

 

“Sekarang masyarakat Bontang harus sudah terbiasa mencari seputar informasi Kota Bontang di www.bontangkota.go.id. Nah kalau untuk layanan keluhan juga ada. Itu di, kesah.bontangkota.go.id. Bahkan, bagi warga yang mau belanja silahkan cek harga harga sembako di simbak.bontangkota.go.id,” kata Dasuki.

 

Dasuki berharap, portal – portal ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Karena ini adalah bagian dari layanan digital yang dilakukan pemerintah.

 

“Pemerintah juga sudah ada sistem pemerintahan yang terbuka untuk seputaran pembangunan maupun anggaran silahkan buka ppid.bontangkota.go.id,” ungkapnya.

 

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan itu mengatakan,  saat ini merupakan era keterbukaan informasi publik dimana masyarakat dapat mengakses informasi secara terbuka dan transparan, termasuk pengelolaan anggaran. Selain itu dia juga berpesan kepada masyarakat,  perkembangan layanan informasi saat ini bukan hanya berbicara soal kemajuan teknologi tapi juga perilaku

 

"Intinya, kita semua harus lebih berhati – hati. Semua serba transparan. Mau main-main dengan anggaran sudah bisa dipantau. Semua informasi sudah transparan dengan nama  transparansi keuangan di portal pemerintah," kata dia mengingatkan.

 

Sementara itu,  Wakil Walikota Bontang Basri Rase yang juga hadir dalam acara itu mengatakan, saat ini pemerintah lebih mudah untuk dikontrol karena seluruh akses informasi sudah bisa diakses langsung oleh masyarakat.

 

“Seluruh informasi akan berada dibawah Kominfo sehingga akan sangat mudah jika kita ingin mengetahui infomasi apa yang dibutuhkan,” katanya.

 

Basri juga menyampaikan, dengan adanya aplikasi dan portal resmi  dari pemerintah, diharapkan Bontang dapat menjadi pelopor dalam penyampaian informasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

 

Dia juga menghimbau agar semua peserta turut mensosialisasikan program pemerintah tersebut, agar penggunaanya dapat menyeluruh di semua kalangan.

 

"Di Bontang memang sudah terdapat banyak aplikasi yang tersebar di beberapa OPD, namun belum terintegrasi, tapi hal ini tentu dapat diselesaikan dengan kerjasama dari semua pihak, terutama dari Dinas Kominfo. Saya juga berharap kedepan di masing-masing instansi baik sekolah maupun pemerintah turut berpartisipasi membantu menyebarkan informasi untuk menggunakan sistem online ini," kata Basri.

 

Sekedar informasi, kegiatan Inspiratif Expo itu juga dikemas dengan rangkai kegiatan lainnya. Seperti senam bersama, cek kesehatan gratis yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan, pameran seni budaya, dan doorprize. (adv)

 

 

Reporter                               :Muhammad Fajrul

Penulis                                   :Akbar

Editor                                     :Zuajie

 

 

Article Lainnya


Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

PARADASE.id - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku kondisinya saat ini sudah membaik, ba...

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

PARADASE.id - Meski kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M belum pasti, namun Kem...

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

PARADASE.id - Harga tanah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melonjak lima hi...

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

PARADASE.id - Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday mendadak viral usai berhasil menjual g...

JELAJAH