Kembali ke Artikel
Weighted Blanket : Cara Baru Menyayangi Diri Sendiri sumber gambar : amazon
05 Dec/2020

Weighted Blanket : Cara Baru Menyayangi Diri Sendiri

ada cara baru menyayangi diri sendiri : weighted blanket namanya.

 

dalam situasi pandemi begini, berbagai cara dilakukan untuk menjaga kewarasan menghadapi misteri kapan ini semua akan berakhir. menyayangi diri sendiri atau self care menjadi salah satu yang harus terus dilakukan untuk menjaga mental tetap sehat.

 

salah satunya adalah dengan tidur menggunakan weighted blanket. sebuah selimut yang memiliki ukuran lebih berat dari selimut pada umumnya (biasanya 6 kg atau lebih). hal ini dikarenakan selimut jenis ini diisi oleh bahan seperti pelet plastik dan dapat digunakan anak-anak dan orang dewasa. Gunanya ialah meningkatkan rasa tenang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Demikian diwartakan NBC News.

 

Sensasi Dipeluk Saat Tidur

 

secara teori, penggunaan selimut yang lebih berat akan memeluk yang tidur. mencegah kegiatan aksi bolak - balik ketika tidur (biasanya dialami oleh mereka yang gelisah dalam tidur). sehingga orang yang tidur akan merasa lebih aman, tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

 

Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa weighted blanket membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Ia bekerja dengan menstimulasi bagian otak yang menghasilkan serotonin, hormon yang membantu menstabilkan suasana hati dan membuat perasaan puas dan bahagia. Ini juga mengurangi kortisol, yang disebut hormon "lawan atau lari" yang membantu tubuh merespons bahaya, tetapi juga dikaitkan dengan respons stres. hal ini akan meningkatkan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur dan membuat tertidur lelap (deep sleep). secara keseluruhan hasilnya adalah kualitas tidur akan lebih memuaskan, dan anda akan bangun dengan lebih banyak energi dan suasana hati yang lebih baik.

 

Menurut banyak orang, seperti yang diiklankan perusahaan yang menjual weighted blanket ini, menggunakan selimut ini saat tidur membuat penggunanya merasa seperti sedang dipeluk. "Dipeluk merupakan stimulus yang sangat kuat. Saat dipeluk, kamu merasa lebih aman," ucap Irina Zhdanova, MD, CEO ClockCoach, kepada Nbc news.

 

Kata Sains Tentang Weighted Blanket

 

sebagaimana dikutip dari The Washington Post, konsep ini bukanlah sesuatu yang baru. penggunaan sesuatu untuk membalut tubuh dengan tebal  telah lama digunakan sebagai mekanisme menenangkan untuk anak Autis, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder - gangguan mental yang menyebabkan kesulitan memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif), dan gangguan sensorik lainnya selama lebih dari satu dekade. 

 

Bill Fish, co-founder of Tuck.com sebuah situs web yang khusus menuliskan tentang ilmu tidur (sleep resource) mengatakan “Seorang kenalan memposting tentang pengalamannya tidur dengan menggunakan weighted blanket di Facebook dan menerima 100 komentar dalam 24 jam pertama. Orang-orang mengamini kebenaran efek penggunaan selimut ini. Sungguh menakjubkan."kata Fish, yang tidak menguji satu orang yang tidur dengan weighted blanket saja, tetapi telah menguji lebih dari selusin weighted blanked.

 

lebih jauh ia mengatakan bahwa weighted blanket memiliki keunggulan lain dibandingkan resep obat tidur, yang keberhasilannya mungkin perlu waktu berhari-hari untuk ditentukan. "Dengan weighted blanket, anda bisa tahu dalam satu malam," kata Fish.

 

ilmu kedokteran juga mengemukakan data tentang keampuhan weighted blanket ini. Seperti yang dikemukakan Raj Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis di University of Southern California dan juru bicara American Academy of Sleep Medicine. ia melihat tidur sebagai teka-teki yang terdiri dari potongan-potongan termasuk suara, cahaya, suhu dan kenyamanan; orang yang tidur gelisah dan mereka yang berurusan dengan insomnia perlu mencari tahu bagian mereka yang hilang. Untuk beberapa, jawabannya adalah mesin derau putih, tirai anti tembus pandang, bantal yang sempurna, atau penghalang cahaya biru. “Bagi yang lain, ini adalah sensasi dipeluk dan dipeluk - meningkatkan kenyamanan,” kata Dasgupta. “Saya benar-benar percaya orang dengan masalah tidur tidak ingin menggunakan obat resep seumur hidup mereka. Jika weighted blanket membantu, saya setuju. "

 

Menurut Penn Medicine, weighted blanket menggunakan 'terapi tekanan' untuk menenangkan seluruh tubuh. Melansir laman Healthline, bagi banyak orang, menggunakan weighted blanket telah menjadi bagian rutin yang ampuh untuk menghilangkan stress dan membuat mereka memiliki kebiasaan tidur yang sehat. Penelitian menunjukkan selimut berbobot dapat menguntungkan orang dengan kecemasan, autisme, dan insomnia, serta beberapa kondisi lainnya.

 

Cnet mengabarkan sebuah riset menunjukkan orang-orang yang menggunakan weighted blanket dengan berat 13 kilo merasa 68% lebih tidak cemas dan meningkatkan kebiasaan tidur yang baik.

 

Selimut dan Menyayangi Diri Sendiri

 

pada intinya weighted blanket ini adalah salah satu metode terapik untuk meyayangi diri sendiri. prinsipnya adalah menghadirkan rasa nyaman dengan mereduksi kecemasan dengan memberikan input sensorik dalam sistem proprioception dalam otak kita.

 

Proprioception adalah persepsi rangsangan yang berhubungan dengan posisi, postur tubuh, keseimbangan, atau kondisi tubuh. dengan stimulasi weighted blanket maka posisi, postur, dan kondisi tubuh kita dikondisikan dalam keadaan yang rileks sehingga kita merasa lebih nyaman dan bahagia. 

 

kuncinya adalah merasa nyaman, tenang dan bahagia, dan weighted blanket adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan tersebut.  

 

tertarik untuk mencoba ? 

 

 

Penulis : Faizah Riffat

Editor : Ahmad Fuad

Article Lainnya


Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Inway # 135 Oleh : Rusmiati Indrayani (Indrayani Indra) Masa perkuliahan semester ...

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

PARADASE.id - Sebanyak 242 anggota Polres Bontang menjalani tes urin dadakan, sebagai tindak lanjut ...

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

PARADASE.id - Sekitar 150 tenaga kesehatan (nakes) di Bontang terkonfirmasi positif selama masa pand...

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

PARADASE.id - Polres Bontang mengamankan ZN (20 tahun) akibat penganiayaan yang dilakukan kepada puj...

JELAJAH