Kembali ke Artikel
Walikota Neni Yakin Bontang Kuala Jadi Lokasi Wisata Skala Nasional Walikota Bontang Neni Moerniaeni. (int)
27 Aug/2019

Walikota Neni Yakin Bontang Kuala Jadi Lokasi Wisata Skala Nasional

PARADASE.ID. Pemerintah Kota Bontang memastikan akan mengambil langkah serius dalam pengembangan sektor wisata di Kota Bontang. 

 

Salahsatunya yakni dengan melibatkan masyarakat dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis). 

 

Bahkan, PokDarWis bernama Kuala Abadi ini masuk dalam nominasi penilaian Kelompok Sadar wisata skala Nasional. Bontang menjadi salahsatu kota dari dua daerah lainnya di Kalimantan Timur yang masuk dalam nominasi ini. 

 

Saat menyambangi daerah wisata laut andalan Bontang yakni Bontang Kuala, dewan juri dari Kementrian Pariwisata melakukan dua tahapan penilaian. 

 

Untuk saat ini dewan juri melakukan seleksi administrasi pokdarwis dari 23 Provinsi. Untuk Kalimantan timur yang masuk hanya ada 2. Yaitu,  Kampung warna-warni dari Kabupaten Paser dan Kampung Bontang Kuala Kota Bontang. 

 

Juri yang hadir pun adalah Sugeng Handoko (Praktisi dari Yogyakarta), Muhammad Husein Hutagalung (Praktisi eks. Akademisi dari STITS Trisakti), dan Hilda Sabri (Praktisi dari Media Pariwisata)

 

"Ada dua hal terkait tujuan dan maksud dari kegiatan ini. Pertama, untuk memberi apresiasi penghargaan kepada masyarakat Kelompok sadar wisata, agar lebih termotivasi dalam mewujudkan sapta pesona. Dan yang kedua mendorong kelompok sadar wisata untuk makin meningkat kapasitasnya guna mengajak masyarakat agar dapat mengambil manfaat dari kegiatan kepariwisataan diwilayahnya masing-masing," ungkap Ropi Hermawan sebagai Perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI.

 

Potensi Bontang dalam hal mewujudkan Kota Pariwisata, terus digaungkan Pemerintah Kota Bontang. Hal ini terlihat dengan bantuan stake holder dan masyarakat. Mampu membangun konservasi mangrove di beberapa titik wilayah yang ada di Kota Bontang.

 

Sementara itu Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengatakan, Bontang Kuala memang menjadi daerah yang dipersiapkan pemerintah untuk menjadi kawasan wisata. Bontang Kuala kata dia, memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. 

 

"Bontang Kuala termasuk daerah rintisan wisata pertama yang didorong dan menjadi cikal bakal wisata Bontang. Sehingga tentu menjadi hal yang sangat membanggakan, dengan adanya kelompok masyarakat yang disebut dengan nama "Pokdarwis Kuala abadi" dapat mengantarkan Bontang Kuala menjadi salah satu nominasi penghargaan Kelompok sadar wisata," kata Walikota Neni.

 

Neni pun melanjutkan, sebagai Walikota Bontang, ia selalu mengingatkan jika saat ini Bontang tidak bisa terus menerus bergantung pada dana perimbangan yang merupakan dari sektor migas. Harus ada program antisipasi terkait pasca migas. 

 

Dengan harapan, masyarakat Bontang jangan terlena dengan adanya PT. Badak dan PT. Pupuk. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui tentu suatu waktu akan habis. 

 

"Jadi dari sekarang kita harus sudah berpikir bagaimana meningkatkan pembangunan Bontang ini dengan jalur peningkatan sumber daya yang ada. Termasuk pengembangan pariwisata. Saya juga mengucapkan selamat kepada Kelompok sadar Wisata Kuala abadi, yang masuk dalam nominasi. Dan semoga bisa berhasil meraih penghargaan dan membawa nama Bontang Kuala sehingga dapat dikenal pada skala Nasional dan Internasional," tutur Neni. (***)

 

 

 

Penulis       : Supriono

Editor          :Zuajie

 

Article Lainnya


Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Paradase.id - Penanganan banjir menjadi pekerjaan rumah Pemkot Bontang. Salah satu upaya yang dilaku...

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Paradase.id - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 di posisi ketiga klasemen medali. Berdas...

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Paradase.id - Wali Kota Bontang Basri Rase menghadiri sekaligus meresmikan peluncuran mobil AmbulanM...

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Paradase.id - Medali perunggu diraih oleh Putty Insavilla Armein, Sharon Adelina L Santoso, Shinta C...

JELAJAH