Kembali ke Artikel
Waiheke Island : Permata Hauraki Gulf dokumentasi pribadi
24 Mar/2021

Waiheke Island : Permata Hauraki Gulf

Selandia Baru mengajarkan saya pentingnya well-being. hidup itu harus seimbang. kebahagiaan tidak datang tanpa keseimbangan. tidak hanya kulit yang harus dirawat dengan skin care. harus ada yang namanya heart care. ini sih teori saya ya. 

 

maka ketika suatu siang suami a.k.a Bapak Haji Russel Chruch mengusulkan untuk menghabiskan weekend di Waiheke Island langsung saya sambut dengan gembira. "jangan bekerja terus, rehat sebentar tidak apa - apa" ucapan beliau yang diamini oleh istri ini.

 

Pesona Pulau Nomor Dua di Hauraki Gulf 

 

Tikapa Moana adalah nama lokalnya. Hauraki Gulf sejatinya adalah lautan biru berkilau dengan taburan pulau - pulau serupa zamrud di perairan pasifik. berada di bawah pengelolaan Taman Laut Hauraki Gulf. untuk regional Auckland, pulau terbesarnya adalah The Famous Great Barrier Island. 

 

Waiheke Island menempati urutan kedua sebagai pulau terbesar. lokasinya mahal, kerap dikunjungi artis Hollywood. aksesnya mudah, serta ditunjang oleh berbagai infrastruktur vital. 

 

kalau kata saya, Waiheke Island ini adalah pulau orang kaya. tempat para rich list menjalani Auckland Getaway mereka. di sini banyak Bach, Beach House, Cafe, dan Winery. apalagi kalau summer. whoaaa banyak banget yang liburan ke sini.

 

meski hanya berjarak sekira 20 menit dengan ferry, namun pulau yang berada di sebelah timur Auckland ini benar - benar membawa kami ke dunia lain. pantai berpasir putih, perbukitan hijau sejauh mata memandang, perairan kristal berkilau berwarna turqois, garis pantai yang menawan, dan kebun anggur yang indah. lengkap dimiliki oleh pulau ini.

 

Pantai dan Perkebunan Anggur Pemenang Penghargaan

 

Island of Wine, oase ketenangan, serpihan surga di pasifik, adalah beberapa sebutan dari pulau ini. tempat dimana waktu terasa menguap, meninggalkan perasaan bahagia yang lebih kekal dari sebelumnya. destinasi utama yang ditawarkan oleh Waiheke Island adalah pantai dan perkebunan anggur. 

 

rata - rata perkebunan anggur di pulau ini adalah bisnis keluarga yang produk anggurnya tidak dijual ke luar pulau. namun wisatawan bisa melakukan wine tour and testing ke berbagai vineyard yang ada di Waiheke Island.

 

beberapa rekomendasi perkebunan anggur untuk dikunjungi di Waiheke Island adalah Mudbrick Winery Estate yang menghadap ke Kota Auckland dan Samudera Pasifik. salah satu perkebunan anggur yang terkenal dengan keindahan taman bertingkatnya. kemudian ada pula Cable Bay Winery Estate yang memiliki dua restoran pemenang penghargaan di dalamnya. Stonyridge Winery Estate, perkebunan anggur favorit masyarakat yang termasuk ke dalam top ten wineries in the world.

 

dan satu lagi, bucket list Faizah. Kennedy Point Vineyard. perkebunan anggur dengan nuansa pedesaan di perbukitan yang menghadap teluk. menciptakan pemandangan tak terlupakan dengan pohon pohukutawa berusia tiga ratus tahun dengan buah berwarna merahnya. satu - satunya perkebunan anggur yang memiliki sertifikat organik.  

 

untuk muslim yang tidak minum alcohol bisa meminta untuk diganti dengan jus anggur. minuman anggur yang memiliki treatment sama seperti wine, namun disajikan sebelum anggur terfermentasi. meminta grape juice tidak hanya dilakukan wisatawan muslim. beberapa vegan juga tidak meminum wine beralkohol sehingga mereka pun memilih jus anggur.

 

namun perjalanan kami kali ini lebih banyak ke sisi pantai nya. makan dan jalan - jalan. singkatnya begitu. setidaknya tiga hal yang kami lakukan di sini adalah : mengunjungi Oneroa Beach. pantai berpasir putih terkenal dan terdekat untuk diakses. mengunjungi restoran dengan pemandangan laut, memakan fish and chips dengan rasa superb dan memakan fresh oyster langsung dari Auckland Sea.

 

Cara Ke Waiheke Island dari Auckland

 

sebelumnya kami pernah menikmati pulau ini dengan menaiki helikopter tanpa turun. kali ini, kami mendaratkan diri ke sini dengan moda transportasi lain. kali ini kami berkunjung menaiki kapal ferry yang cukup dengan jalan kaki dari apartemen kami untuk sampai ke pelabuhan.  harga tiketnya 23 dollar per orang untuk sekali jalan. jadi untuk return harga tiketnya 46 dollar per orang. perjalanan ferry ditempuh selama 20 menit dari Auckland. (beberapa travel blogger bercerita jarak tempuhnya  sekitar 30 sampai 40 menit. tapi inilah pengalaman kami)

 

Ferry nya asyik banget. ada dek atas, tengah, dan ada yang memiliki atap. ada toilet dan cafe juga. semua sudutnya bersih banget. jadwal ferry ada hampir setiap jam selama tujuh hari seminggu.

 

sepanjang perjalanan dihiasi oleh pemandangan kota Auckland dengan laut berwarna biru gelap, kemudian mendekati sandar pemandangan berubah menjadi perbukitan hijau dengan kilau air laut berwarna turqois.  

 

ini adalah liburan (kalau Faizah bilangnya short escape) paling nggak capek menurut saya. mengakhiri Diary ini saya jadi teringat pengalaman bertemu warga negara Jerman yang bilang "I really like Auckland. mountain, beaches, city, life, paradise island, all in one place". katanya tidak seperti daratan Eropa yang harus travel jauh dulu baru ketemu pantai kalau kita tinggal di daerah pegunungan. in Auckland, mau liburan mode apapun, ya you got it.

 

anyway, terima kasih sudah membaca. semoga apa yang ada di sini menjadi doa. amiin.

 

 

 

Cerita : Nurul Kasyfita

Narator : Faizah Riffat

Editor : Ahmad Fuad 

Seri : Diary of Auckland

 

 

Article Lainnya


Lima Daerah Dengan Serapan Dana Covid-19 Tertinggi dan Terendah, Ini Rinciannya

Lima Daerah Dengan Serapan Dana Covid-19 Tertinggi dan Terendah, Ini Rinciannya

PARADASE.id - Kementerian Dalam Negeri membeberkan realisasi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Bela...

Fungsi Orangtua di Pagi Hari

Fungsi Orangtua di Pagi Hari

Inway #148 Oleh Rusmiati Indrayani Sungguh, seandainya setiap orangtua memiliki pi...

Berlaku Hingga 8 Agustus, Delapan Daerah di Kaltim Level 4

Berlaku Hingga 8 Agustus, Delapan Daerah di Kaltim Level 4

PARADASE.id - Setelah Balikpapan, Bontang dan Berau masuk pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan ...

Patungan ASN Bontang, Salurkan 150 Paket Sembako buat Warga Isoman

Patungan ASN Bontang, Salurkan 150 Paket Sembako buat Warga Isoman

PARADASE.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan Bontang memberikan 150 paket semba...

JELAJAH