Kembali ke Artikel
Teknik Pomodoro : Untuk Hidup Lebih Efektif sumber gambar : samantha gades via unsplash
02 Oct/2020

Teknik Pomodoro : Untuk Hidup Lebih Efektif

02 Oct 2020 Cara (life hacks) Gaya

berasal dari Italia, Pomodoro berarti tomat dalam bahasa negeri pizza. teknik ini ditemukan sekira tahun 1980 an oleh seorang mahasiswa bernama Francesco Cirillo. saat itu, Cirillo yang mengalami masalah fokus belajar melihat seseorang memotong sebuah tomat secara sama besar hanya berdasarkan mengikuti lekuk halus yang dimiliki oleh buah setengah sayur tersebut. inspirasi itu yang menuntun ia menemukan teknik tomat yang saat ini lebih dikenal sebagai teknik pomodoro. teknik yang menjadi pilar sistem bekerja dengan parameter interval waktu yang membagi beban kerja dan beban rehat dalam satu horizon waktu secara sama besar. sehingga tercipta keseimbangan beban kerja yang menjaga kondisi fisik dan mental tetap sehat.

 

teknik ini adalah sebuah filosofi manajemen waktu dimana kita harus fokus secara maksimal dalam jangka waktu tertentu. dimulai dari menuliskan seluruh tugas dan deadline berdasarkan skala prioritas. list ini biasanya berupa weekly to do list yang dibuat di awal minggu. kemudian dipecah menjadi daily to do list atau yang lebih dikenal sebagai target harian.

 

kemudian mulailah set timer anda selama 25 menit. 25 menit ini adalah jendela kerja anda. selama 25 menit tersebut anda hanya boleh fokus pada pekerjaan yang sudah anda set sebelumnya. jika terdapat distraksi seperti notifikasi handphone atau email, anda boleh menuliskan di secarik kertas bahwa anda menerima notifikasi. hanya menulis. karena aturannya anda tidak boleh mengalihkan fokus kecuali pada apa yang saat itu anda hadapi. ketika 25 menit anda berakhir, anda boleh istirahat selama 5 menit.

 

Teknik Pomodoro dan Manajemen Beban Kerja

 

hidup adalah tindakan menyeimbangkan tekanan - tekanan yang bersaing mendapatkan waktu, energi, dan perhatian kita. seringkali pekerjaan adalah pemenangnya. karena kita harus mengalah untuk memenangkan pekerjaan sebagai konsekuensi signifikansi kelangsungan hidup. karenanya, kehidupan mengisyaratkan kita untuk menguasai seni keseimbangan.

 

kita mewarisi mitos - mitos yang mengekang dan menekan. mitos yang membuat kita terpaku pada pendekatan yang timpang terhadap kehidupan. layaknya duduk di salah satu papan jungkat - jungkit dan tiba - tiba terempas ke bawah saat teman main kita pergi dan meninggalkan kita sendirian. ketimpangan ini menimbulkan stress. sebuah situasi yang disebabkan oleh ketidakmampuan kita untuk mengenali dan berpartisipasi dalam permainan keseimbangan.

 

teknik pomodoro dan manajemen beban kerja pada substansinya adalah tentang seni menyeimbangkan waktu. salah satu cara untuk menghindari distraksi yang diciptakan teknologi. kehidupan modern masa kini yang melaju cepat dan menambah ilusi dengan mendorong deru kesibukan melalui berbagai notifikasinya.

 

Eccelesiastes dalam lagu karya Pete Seeger mengatakan : untuk segala sesuatu selalu ada musimnya. dan untuk apapun di bawah langit selalu ada waktunya. waktu untuk lahir, dan waktu untuk meninggal. waktu untuk menanam, dan waktu untuk memanen. waktu untuk memecah batu, dan waktu untuk mengumpulkan batu. waktu untuk merangkul, dan waktu untuk menahan diri dari merangkul. tugas kita adalah mengenali musim mana yang sedang kita jalani pada saat ini dan menghargai prosesnya.

 

pomodoro berusaha mengatur waktu agar memenuhi porsi beban kerja berbasis ketenangan. karena ketenangan menciptakan kekuatan. sebuah fakta telak melawan mitos “sok penting” ciptaan teknologi. mitos yang memaksa manusia tetap sibuk dan memicu untuk terus menambah beban kerja agar terlihat semakin sibuk. mitos yang meyakini kesibukan adalah kekuatan.

 

dalam pasang surut kehidupan yang menjadi sahabat dalam hari - hari kita, harus diakui kita butuh pertolongan. dan bentuk pertolongan yang paling tinggi tingkat reliabilitasnya adalah “batasan”. itulah mengapa pomodoro menjadikan tektok-an alarm harus istirahat sebagai batasan. seberapapun bernafsunya kita ingin menyelesaikan pekerjaan.

 

percayalah, ketika seseorang memiliki sumber daya batin yang cukup, orang tersebut tidak tergesa - gesa dalam berbagai hal. ia justru berada dalam kedamaian yang menjadi pondasi stabilitas batin karena perasaan “penuh” dan “aman”.

 

Bersikap Adaptif Untuk Hidup Lebih Efektif.

 

menurut orang bijak, tugas kita adalah belajar mengalir bersama irama kehidupan. karena kita semua adalah murid - murid kehidupan. murid - murid yang terus mempelajari cara - cara baru untuk bergerak dalam harmoni irama musik kehidupan yang terus berubah. dalam perjalanannya, para murid ini masih tersandung, meleset dari harmoni. mereka masih harus berhenti sejenak, mengambil nafas dalam - dalam beberapa kali, dan kembali melangkah bersama irama.

 

tekanan adalah hal yang sama sekali tidak buruk. karena itulah yang memicu seseorang untuk bertindak dan menciptakan terobosan. bersikap adaptif dengan menerapkan teknik pomodoro sama sekali tidak untuk menolak tekanan. hanya berusaha untuk menyeimbangkan waktu berbasis ketenangan. proses ini yang perlu banyak latihan. namun nanti, ketika seseorang sudah lincah menguasai seni menyeimbangkan waktu. ia akan sampai pada titik mengalami keajaiban menghargai diri sendiri. karena pada esensinya Teknik Pomodoro adalah salah satu teknik memberi penghargaan pada diri sendiri.

 

hidup efektif adalah buah dari sikap adaptif menerapkan pomodoro. memang sedikit berat pada awalnya. namun lama - lama semua akan terasa tepat sesuai tempatnya. kita akan lebih jujur tentang mencintai diri sendiri. lebih mampu mendengarkan perasaan - perasaan hati. berhasil melalui rintangan mental dan emosional yang menciptakan ketidakseimbangan dalam hidup kita sehari - hari. mampu berkata “cukup” untuk menghargai akhir dari segala sesuatu. berada di tengah keseimbangan antara fisik, mental, dan spiritual yang selaras antara kebutuhan orang lain dan kebutuhan diri sendiri.

 

teknik pomodoro ada untuk menjadi salah satu cara adaptif dalam melintasi liuk dan kelok kehidupan. cara yang diharapkan akan mempertahankan langkah anda agar sedikit lebih ringan ketika hidup membuat anda kewalahan.

Article Lainnya


Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Inway # 135 Oleh : Rusmiati Indrayani (Indrayani Indra) Masa perkuliahan semester ...

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

PARADASE.id - Sebanyak 242 anggota Polres Bontang menjalani tes urin dadakan, sebagai tindak lanjut ...

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

PARADASE.id - Sekitar 150 tenaga kesehatan (nakes) di Bontang terkonfirmasi positif selama masa pand...

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

PARADASE.id - Polres Bontang mengamankan ZN (20 tahun) akibat penganiayaan yang dilakukan kepada puj...

JELAJAH