Kembali ke Artikel
Target 1 Juta Pedagang Go Digital, Kemendag Percepat Digitalisasi Pasar Rakyat dan UMKM Pedagang Melakuka Digitalisasi (Foto: makassar.terkini.id)
26 Jul/2022

Target 1 Juta Pedagang Go Digital, Kemendag Percepat Digitalisasi Pasar Rakyat dan UMKM

Paradase.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempercepat program digitalisasi pasar rakyat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Targetnya, 1.000 pasar rakyat dan 1 juta pedagang bisa segera go digital.

 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan target ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo. Digitalisasi pasar bertujuan agar pasar-pasar rakyat memiliki lokapasar (marketplace) dan platform menuju era digital yang sekarang sudah masuk di Indonesia.

 

"Digitalisasi pasar juga akan mempermudah pertemuan antara pedagang dan pembeli serta memperpendek mata rantai distribusi,” ucap Zulkifli dalam acara 'Implementasi Pemanfaatan Digitalisasi dalam Sistem Pembayaran dan Distribusi' di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, (25/072022).

 

Zulkifli mengungkap jumlah UMKM di Indonesia lebih dari 64 juta Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital di tanah air.

 

“Namun, jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan,” ucapnya.

 

Sementara itu, Zulkifli menyebutkan pihaknya bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dengan pelaku UMKM dan berbagai pemangku kepentingan. 

 

Di antara para pemangku kepentingan itu adalah Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Kemendag juga pemanfaatan lokapasar yang telah lama hadir seperti Tokopedia dan Grab sebagai salah satu kurir terpercaya di tengah masyarakat.

 

Informasi harga dan pencatatan omzet pasar menggunakan Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP). Sementara itu, penerapan informasi harga barang kebutuhan pokok memanfaatkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP). Pembayaran retribusi juga diubah menjadi elektronik melalui perbankan daerah maupun nasional.

 

Hingga Juli 2022, sebanyak 2.047 pasar rakyat menggunakan situs web pasar melalui SISP dan 10 pasar rakyat on-boarding pemasaran secara digital di Tokopedia. Sebanyak 537 pasar rakyat memanfaatkan e-monitoring harga barang kebutuhan pokok (bapok) melalui SP2KP dan 9,7 juta UMKM memanfaatkan SIAP QRIS.

 

Dia zuga mengungkap 106.702 pedagang telah menggunakan pembayaran retribusi secara elektronik yang on-boarding dan memanfaatkan platform digital. Rencana implementasi pembukaan GrabMart bagi pedagang pasar di enam kota di Indonesia segera dijalankan.

 

Zulkifli juga meminta dinas yang membidangi perdagangan di daerah untuk turut menyosialisasikan dan mendorong program digitalisasi pasar rakyat. Baik ke pengelola maupun pedagang pasar. (Sumber: Medcom.id/Devi Syafira)

 

Editor: Faizah

Article Lainnya


Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

BONTANG - Sejumlah sekolah di Bontang hingga kini masih mengeluhkan banyaknya sarana prasarana (sapr...

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

BONTANG-- Rencana Pemerintah Kota Bontang yang berencana memberi penghargaan kepada tim sebelas pemr...

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

BONTANG - Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar...

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

BONTANG---- Menyambut pemindahan Ibu kota negara (IKN Nusantara) ke Kalimantan Timur Wakil Ketua DPR...

JELAJAH