Kembali ke Artikel
Skuad Pemenang Piala Thomas 2020 Habis di Denmark Open 2021 Usai Jonatan Christie Tumbang
24 Oct/2021

Skuad Pemenang Piala Thomas 2020 Habis di Denmark Open 2021 Usai Jonatan Christie Tumbang

PARADASE.id - Indonesia tanpa gelar juara di Denmark Open 2021 setelah tak satu pun wakilnya yang menembus final. Kelelahan disebut sebagai salah satu faktornya.

 

Menurut evaluasi Aryono Miranat, tim manajer Indonesia di Denmark Open 2021, sejumlah pemain Merah Putih kelelahan sehingga tidak bisa mengembangkan permainan terbaik. Ini berkaitan erat dengan fakta bahwa sebelum menjalani ajang tersebut, para pemain Indonesia juga sudah menguras tenaga di Piala Sudirman dan Piala Thomas-Uber.

 

"Tenaga dan stamina tidak cukup untuk kembali tampil maksimal di Denmark Terbuka yang juga melibatkan pemain top dunia," katanya dalam rilis yang diterima detikSport.

 

Faktor kelelahan itu pun berimbas pula pada cedera pemain di Denmark Open 2021. 

 

"Pemain seperti Anthony Ginting dan Jonatan Christie mengalami cedera yang sebenarnya didapat saat tampil di Piala Thomas sebelumnya. Mereka ngotot dan tampil habis-habisan di Piala Thomas karena motivasi untuk juara begitu besar, mengalahkan rasa sakitnya."

 

Di sisi lain, para pemain yang relatif masih segar dan belum terkuras energinya justru relatif minim jam terbang dan pengalaman berlaga di ajang selevel Denmark Open 2021. Positifnya, hasil kali ini paling tidak bisa menambah pengalaman mereka untuk tampil lebih baik di ajang-ajang berikutnya kelak.

 

"Sedang para pemain pelapis yang baru merasakan bisa bermain di turnamen world tour level 1000, beberapa ada yang menunjukkan permainan yang baik. Hanya saja, faktor pengalaman bertanding yang masih kurang, mereka pada poin-poin akhir sering terburu-buru dan banyak melakukan kesalahan sendiri," sebut Aryono Miranat.

 

"Mereka kurang tenang. Ini memang berhubungan erat dengan jam terbang pengalaman. Walaupun kalah, hal tersebut tetap ada sisi positifnya bagi mereka untuk bisa menambah jam terbang dan pengalaman karena kalahnya oleh pemain-pemain top level dunia."

 

Ia juga mengakui adanya pemain-pemain Indonesia yang relatif kurang berkembang secara permainan sehingga mesti mengakui keunggulan pemain lawan di Denmark Open 2021.

 

"Khusus pemain-pemain yang kurang bermain optimal ini, masing-masing pelatih yang akan mengevaluasi setiap sektornya."

 

Dengan hasil tersebut, pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngady, beralasan bahwa para pemain sudah kehilangan tenaga usai mengikuti Piala Thomas 2020 minggu lalu. Alhasil, mereka pun tidak bisa memberikan penampilan terbaik di Denmark Open 2021. 

 

“Semua pemain yg Ikut Thomas sudah berkurang tenaganya dan fokusnya menurun. Jadi cara mainnya tidak bisa maksimal,” kata Herry IP dikutip dari rilis resmi PBSI, Sabtu (23/10/2021). 

 

“Kalau untuk pemain yang baru datang dari Jakarta/pemain pelapis memang targetnya menambah pengalaman main di kelas 750 dan 1000 supaya bisa ketemu pemain top ten dari negara lain. Hasil yang cukup baik Fikri/Bagas bisa sampai Perempat Final hanya masih kurang tenang di poin-poin terakhir di game ketiga,” tambah pelatih berusia 59 tahun itu. 

 

Meski seluruh skuad pemenang Piala Thomas 2020 telah berguguran, Indonesia tetap memiliki dua wakil yang akan tampil di semifinal Denmark Open 2021. Kedua wakil itu adalah Tommy Sugiarto dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (*)

 

 

Penulis : Cikal Bintang

Editor  : Umil Surya

Sumber Okezone

Article Lainnya


Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

PARADASE.id - Chelsea harus susah payah mengalahkan Watford 2-1. The Blues diakui bermain buruk dan ...

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

PARADASE.id - Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan satu kasus infeksi Covi...

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

PARADASE.id - Menteri BUMN Erick Thohir telah menutup 74 anak dan cucu usaha milik PT Pertamina (Per...

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

PARADASE.id - Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan kejengkelannya pada calon CPNS yang curang ...

JELAJAH