Kembali ke Artikel
Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam Pelepasan kontigen indonesia sea games 2021 di Vietnam (Foto: seru.co.id)
23 May/2022

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

23 May 2022 Olah Raga Ragam

Paradase.id - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 di posisi ketiga klasemen medali. Berdasarkan klasemen medali SEA Games 2021 dari rilis NOC Indonesia, Merah Putih secara total membawa pulang 241 medali. Perinciannya, kontingen Indoensia meraih 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

 

Perolehan tersebut membuat Indonesia duduk di posisi ketiga klasemen akhir medali SEA Games 2021 di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

 

Vietnam memuncaki klasemen dengan mengoleksi 446 medali yang terdiri dari 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Thailand yang menempati peringkat kedua total mengemas 331 medali dengan torehan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu. Indonesia berhasil menambah 10 emas pada hari terakhir pelaksanaan SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022).

 

Tambahan emas Indonesia datang dari cabang olahraga menembak, angkat besi, bulu tangkis, voli indoor, bola basket, tinju, renang, dan e-sport.

 

Cabor basket bahkan berhasil mengukir sejarah dengan meraih medali emas pertama sejak berpartisipasi di SEA Games pada 1977. Raihan emas didapat timnas basket Indonesia seusai membekuk Filipina 85-81 atas Filipina di partai final. Hasil ini pun membuat timnas basket Indonesia memutus dominasi Filipina selaku peraih 13 medali emas SEA Games secara beruntun sejak 1991.

 

Pada cabor lainnya, timnas voli putra juga menuai kesuksesan setelah mempertahankan emas. Adapun medali emas terbaru yang didapat Indonesia juga dipersembahkan cabor e-sport melalui tim PUBG Mobile.

 

Bagi kontingen Indonesia, pencapaian peringkat ketiga di SEA Games 2021 setidaknya berhasil memenuhi target minimal yang diberikan Presiden Joko Widodo. Sementara itu, tak ada lagi cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2021 karena rangkaian laga telah dirampungkan pada hari Minggu. Selanjutnya, SEA Games 2021 akan ditutup dengan closing ceremony pada Senin (23/5/2022) malam WIB. (Kontan)

 

(Afg)

Article Lainnya


Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Paradase.id - Investor Hong Kong tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru (IKN) Nusantara, Kalim...

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Paradase.id - Keputusan stewards MotoGP memberikan hukuman long lap penalty kepada Fabio Quartararo ...

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Paradase.id - Di Jepang, atau tepatnya di Okinawa salah satu tempat di dunia yang memili...

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

Paradase.id - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Bank for International Settlement (BIS),...

JELAJAH