Kembali ke Artikel
Sambut Wejangan Pjs Wali Kota Bontang, Bapenda Siap Berinovasi Tingkatkan PAD Riza meminta Bapenda Kota Bontang terus berupaya meningkatkan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam kegiatan sosialisasi pajak yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang, Rabu (18/11/2020). (Foto: M.Safril)
19 Nov/2020

Sambut Wejangan Pjs Wali Kota Bontang, Bapenda Siap Berinovasi Tingkatkan PAD

PARADASE.id - Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Bontang Riza Indra Riadi memberikan pesan khusus saat membuka kegiatan sosialisasi pajak yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang, Rabu (18/11/2020).

 

Riza meminta Bapenda Kota Bontang terus berupaya meningkatkan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Riza mengungkapkan, dari laporan yang masuk, jumlah PAD yang masuk ke dalam struktrur APBD Bontang hanya sekitar 14 persen. Sisanya, berasal dari dana perimbangan Pemerintah Pusat.

 

"Saya nilai jumlah ini masih sangat rendah, kalau bisa ini ditingkatkan lagi. Kita tidak bisa terus berharap dari dana dari pusat," ujar Riza saat membawakan sambutan.

 

Menanggapi hal itu, Kepala Bapenda Bontang Sigit Alfian, menjelaskan ke depan pihaknya akan berinovasi dalam meningkatkan PAD Bontang.

 

Salah satu inovasi tersebut yakni meningkatkan pelayanan pajak restoran dengan memberikan cash regisrter ke wajib pajak yang rutin membayarkan pajaknya. 

 

"Tentu masih banyak yang lain inovasi kami dalam meningkatkan PAD di Bontang. Insyaallah pesan dari Pjs Wali Kota patut kita laksanakan, karena memang tidak bisa terus bergantung dari dana transfer pemerintah pusat," ujar Sigit. 

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, jumlah 14 persen PAD yang masuk dalam APBD Bontang masih tergolong baik. Dia menjelaskan, jika di bawah 10 persen baru masuk dalam kategori buruk. 

 

"Sebenarnya masih tergolong baik, kalau dibawah 10 persen baru dikategorikan buruk. Tapi demi mewujudkan kemandirian daerah, kami akan terus berinovasi kedepannya," pungkasnya. (Adv)

 

Penulis : M.Safril

Editor  : Umil Surya

Article Lainnya


Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

PARADASE.id - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku kondisinya saat ini sudah membaik, ba...

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

PARADASE.id - Meski kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M belum pasti, namun Kem...

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

PARADASE.id - Harga tanah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melonjak lima hi...

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

PARADASE.id - Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday mendadak viral usai berhasil menjual g...

JELAJAH