Kembali ke Artikel
 Riset 6 Tahun, Didiet Maulana Rampungkan Buku Kisah Kebaya Didiet Maulana. (GoogleImage)
18 Jan/2021

Riset 6 Tahun, Didiet Maulana Rampungkan Buku Kisah Kebaya

18 Jan 2021 Buku Gaya

PARADASE.id -  Desainer busana Didiet Maulana menceritakan ragam dan serba-serbi kebaya serta busana dan kain tradisional Nusantara lewat buku "Kisah Kebaya". Buku ini baru saja ia umumkan di tanggal ulang tahunnya, 18 Januari.

 

Didiet, melalui konferensi pers virtual pada Senin (18/1/2021), mengungkapkan, dirinya menghabiskan waktu selama enam tahun lamanya untuk merampungkan buku. Sebab, buku tersebut tidak ditulis begitu saja, melainkan dengan melakukan riset soal sejarah dan serba-serbi kebaya Indonesia.

 

"Risetnya memakan waktu enam tahun, dan diharapkan semoga buku ini bisa menambah khazanah literasi lebih dalam tentang kebaya dan busana Indonesia," kata Didiet.

 

Buku ini terdiri dari beberapa bagian; mulai dari "Kebaya Berbudaya" yang membahas soal budaya yang mempengaruhinya, ekspresi, filosofi, hingga langgam kebaya. Lalu, bagian selanjutnya adalah "Kebaya Bergerak dalam Era" yang memuat pakem, hingga cara dan kiat untuk menciptakan kebaya dari inspirasi pola, cara pemotongan, penjahitan, dan ilustrasinya.

 

Selanjutnya ada "Eksplorasi Kebaya Didiet" yang memuat inspirasi, kembara budaya, modifikasi dan padu-padan, hingga aksesorisnya. Terdapat pula lampiran bahan-bahan yang cocok untuk kebaya. Lebih lanjut, adalah "Kisah Kebaya Svarna by IKAT Indonesia", "Jenis Kebaya" dan "Jenis Baju dan Kain Indonesia Lainnya" seperti Baju Kurung hingga kain songket.

 

"Kebaya adalah identitas. Tak hanya visualnya yang menarik, tapi ia lebih dari itu. Harapannya, buku ini bisa juga menjadi pegangan bagi yang mau membuat kebaya, terutama penjahit rumahan. Saya ingin kebaya bukan menjadi produk eksklusif dari rumah mode saja," kata Didiet.

 

Buku "Kisah Kebaya" kini telah tersedia dalam bentuk prapemesanan atau preorder mulai 18-31 Januari melalui situs resmi Gramedia. Melalui prapemesanan ini, pembeli bisa mendapatkan edisi tanda tangan dan diskon 10 persen.

 

Harga untuk bukunya sendiri adalah Rp241 ribuan untuk prapemesanan, sedangkan harga normalnya Rp268 ribu. Pengiriman buku dilakukan oleh pihak penerbit mulai 22 Februari 2021. (*)

 

 

Sumber Republika

 

Article Lainnya


Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Paradase.id - Investor Hong Kong tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru (IKN) Nusantara, Kalim...

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Paradase.id - Keputusan stewards MotoGP memberikan hukuman long lap penalty kepada Fabio Quartararo ...

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Paradase.id - Di Jepang, atau tepatnya di Okinawa salah satu tempat di dunia yang memili...

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

Paradase.id - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Bank for International Settlement (BIS),...

JELAJAH