Kembali ke Artikel
Puja Jati Alam
11 Jan/2021

Puja Jati Alam

11 Jan 2021 In Way

Inway # 128

Oleh : Rusmiati Indrayani

Puja Hati Paling Dalam. Adalah para frase yang saya lontarkan secara spontan, dikala kami duduk berduaan. Maksud saya, pada sebuah pagi ; ditemani secangkir teh yang dicampur helai daun pandan dan nasi goreng buatan nyonya dari dapur sendiri, kami ; suami istri menyantap sarapan di bawah sepoi daun jati. Tempat duduk yang menghadap muka kolam buatan adalah pemandangan terbaik versi saya. Di kolam tersebut tumbuh dengan merdeka rumpun pandan bersisian dengan body melati air yang aduhai. Melati air itu acapkali saya tulis sebagai latar dalam banyak cerita. Mereka hidup berdampingan damai di bawah kokohnya jembatan dari batang ulin yang menautkan dua sisi kolam pada halaman belakang rumah kediaman.

 

Puja jati alam rupanya nama yang cocok di telinga dan logika suami. Meskipun ia sempat berpikir namun bahasa tubuhnya menunjukkan persetujuan. Puja jati alam. Kata puja sendiri bermakna ganda. Satu ; puja merujuk pada pengertian pemujaan. Memuja adalah bentuk penghormatan terhadap sesuatu yang memiliki nilai sakral, agung dan bermartabat, seperti seseorang rakyat jelata memuja pahlawan idolanya. Dua ; puja sebenarnya adalah singkatan dari PUSAT JAJAN. Jadi menempatkan PUJA dalam merk dagang di area kafe alam adalah menjunjung tinggi nilai keberadaan pohon jati yang menghiasi taman dan alam.

 

Letaknya di area halaman belakang rumah, di komplek perumahan Bontang Permai, bersebelahan dengan rumah sujud kaum muslimin. Di sana sebuah reformasi tempat kuliner pusat jajan memulai aktivitas di cakrawala senjakala. Tempat yang telah ada sebelumnya dan menjadi pilihan keluarga. Tidak melulu keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak-anak, sekumpulan remaja juga dipersilahkan menikmati suasana outdoor. Tempat kuliner yang mengusung konsep kesederhanaan yang berpihak pada alam.

 

Pada malam hari ketika suasana sekitar dibalut gelap, tempat tersebut diteguhkan dengan penerangan listrik berkekuatan super. Malam bersolek dengan gelimang cahaya yang berhasil memupus gulita di lingkungan hidupnya.

 

Jati alam adalah ikon yang disematkan pada tempat kuliner berkonsep etnik ini. Di sana tadinya adalah hutan jati yang telah tumbuh sepanjang dua puluh tahun terakhir. Namun mungkin bumi Bontang Permai bukan lahan kelangsungan hutan. Alih-alih menghasilkan, pohon-pohon jati pada akhirnya tunduk di mata gergaji atau tumbang akibat tidak sanggup menahan gempuran keadaan.

 

 

 

Sebuah apresiasi untuk ide sang pemilk yang melakukan investasi di bidang kayu jati sekaligus angkat topi terhadap ketegaran batang jati. Grit pokok jati yang bertahan di tengah gertakan alam yang tidak mendukungnya berkembang.

 

Puja jati adalah simbol perjuangan dan doa yang anggae surut. Jati adalah kemewahan produk olahan jika berada di ujung pisau pengrajin yang tepat. Jati akan menemukan pembeli yang tidak main-main dengan angka ketika sang empunya selera menjatuhkan pilihan. Jati adalah simbol kekuatan, pamornya tidak lekang dengan godaan zaman. Produk yang dihasilkan oleh kayu berbahan jati senantiasa menerbitkan kekaguman, nilai seni dan pujian.

 

Menggunakan nama PUJA JATI ALAM untuk tempat bisnis kuliner di kota Bontang Permai adalah puja kepada Tuhan. Untaian rayuan doa kepasrahan untuk tempat tersebut lahir dari munajat dan  zikir di sepertiga akhir malam. Harapan paling dalam kemanusiaan yang bersandar pada ikhtiar. Walaupun bukan tentang ikhtiar melainkan karena kehendakNya yang maha menggerakkan sehingga ikhtiar dilakoni. Puja jati alam adalah DIA Sang Puja itu sendiri. Bukan sang tuan, Fauzan atau Indrayani.

 

PUJA JATI ALAM menyuguhkan varian makanan. Dapat dinikmati orang-orang lintas zaman dari baby boomer hingga millineal dan generasi Z bisa berpartisipasi di sini.

Kedatangan tamu adalah berkah dan rezeki peniaga di masa  gangguan pandemi begini.

Tempat yang berada di alam terbuka menghalau rasa was-was bagi sesiapa yang berniat merapat. Sajian kuliner ala nusantara tersedia, dari rawon yang teramat nikmat di lidah saya sampai sate taichan dan camilan kekinian, tidak akan memberatkan kantong pelanggan.

Cerita ini cuma pembuka. Menu sebenarnyasedang  menanti anda. Datanglah !

Alamat PUJA JATI ALAM :

Komplek Bontang Permai via masuk pintu gerbang Kenari Water Park.

 

Article Lainnya


Masyarakat Bontang Patuh PPKM Hari Pertama, Diharapkan Konsisten

Masyarakat Bontang Patuh PPKM Hari Pertama, Diharapkan Konsisten

PARADASE.id - Penetapan jam malam dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di...

Pemkot Akui Kinerja Tim Percepatan Kilang Bontang Terhambat Pandemi

Pemkot Akui Kinerja Tim Percepatan Kilang Bontang Terhambat Pandemi

PARADASE.id - Pemerintah Kota Bontang mewacanakan kembali membentuk Tim Percepatan Pembangunan Kilan...

Hari Pertama PPKM di Bontang, Patroli Gabungan Diperkuat TNI-Polri

Hari Pertama PPKM di Bontang, Patroli Gabungan Diperkuat TNI-Polri

PARADASE.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Bontang dimulai hari in...

28 Warsa Bersama

28 Warsa Bersama

Inway # 129 Oleh : Rusmiati Indrayani Pagi tadi, sama seperti pagi-pagi hari sebel...

JELAJAH