Kembali ke Artikel
Perampungan Akhir Gedung Baru Pasar Citra Mas Lok Tuan Masuk Tahap Lelang Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Asdar Ibrahim. (Dok: M.Safril)
09 Apr/2021

Perampungan Akhir Gedung Baru Pasar Citra Mas Lok Tuan Masuk Tahap Lelang

PARADASE.id - Sisa pembangunan gedung baru Pasar Citra Mas Lok Tuan segera dilelang yang bersumber dari APBD 2021. Progres pembangunan yang sudah mencapai 90 persen tersebut kini menyisakan pagar di sekeliling pasar sepanjang 300 meter, instalasi air, gapura dan instalaasi pengolahan air limbah (IPAL). 

 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Asdar Ibrahim mengatakan pembangunan seluruh item tersebut menelan anggaran sekitar Rp 3 miliar. Proyek itu pun direncanakan akan tayang dalam sistem layana pengadaan secara elektronik (LPSE) akhir bulan ini. 

 

"Saya kurang ingat  berapa jumlah pastinya, tapi berkisar Rp 3 miliar. Setelah perencanaannya selesai direvisi, akan segera muncul di LPSE," ujar Asdar Ibrahim usai peresmian pasar sementara Citra Mas Lok Tuan, Kamis (08/04/2021) siang. 

 

Dikatakan Asdar, proses lelang tersebut memerlukan waktu selama satu bulan, hingga pemenang tender ditentukan. Diapun meminta agar para pedagang pasar, untuk bersabar menunggu penyempurnaan bangunan tersebut dan tetap berjualan di pasar sementara. 

 

"Sudah masuk proses  pembangunan tahap akhir, jadi bersabar aja dulu dan manfaatkan lokasi pasar yang lama untuk berjualan," pungkasnya. 

 

Diketahui, di bangunan pasar yang baru terdapat dua bangunan dengan  556 lapak. Bangunan pertama bersumber dari dana APBN senilai Rp 5,2 miliar. Nantinya bangunan ini diisi oleh sebagian besar pedagang basah. Mulai dari ikan, ayam, dan daging. 

 

Sementara,  bangunan kedua bersumber dari APBD Bontang dengan nilai Rp 24,6 miliar. Bangunan kedua ini seluas 24×76 meter dan diproyeksikan mampu ditempati sebanyak 286 kios, dan 35 lapak. (Adv)

 

Penulis : M. Safril

Editor  : Umil Surya

Article Lainnya


Bandara Sepinggan Balikpapan Tetap Beroperasi di Tengah Larangan Mudik

Bandara Sepinggan Balikpapan Tetap Beroperasi di Tengah Larangan Mudik

PARADASE.id - General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono menyampaikan...

Kejagung Mau Lelang Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya

Kejagung Mau Lelang Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya

PARADASE.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) berencana melelang barang bukti yang disita dari perkara ko...

Diskop UKMP Bontang Beberkan Solusi Jaringan Pemasaran Produk UMKM

Diskop UKMP Bontang Beberkan Solusi Jaringan Pemasaran Produk UMKM

PARADASE.id - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop UKMP) Bontang membeb...

Asosiasi Pemkot Ungkap Penyebab Dana Desa 'Nganggur' di Bank

Asosiasi Pemkot Ungkap Penyebab Dana Desa 'Nganggur' di Bank

PARADASE.id - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sekaligus Wal...

JELAJAH