Kembali ke Artikel
Pemprov Kaltim Luncurkan Bea Siswa, Begini Persyaratannya. Isran Noor (FOTO:Int)
17 Sep/2019

Pemprov Kaltim Luncurkan Bea Siswa, Begini Persyaratannya.

PARADASE.ID. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) akan meluncurkan program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT). Peluncuran BKT akan dilakukan langsung oleh Gubernur Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi pada Senin, 16 September 2109 di Samarinda. Program inovatif yang akan diluncurkan  merupakan implementasi dari misi pertama visi Berani Untuk Kaltim Berdaulat yakni “Berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdayasaing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas”.

 

Langkah ini sekaligus menegaskan komitmen serius kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Benua Etam. Dalam tahap awal, tahun ini Pemprov Kaltim menyediakan ruang bagi  11.106 calon penerima beasiswa untuk semua tingkat pendidikan, mulai SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. “BKT merupakan innovative program. Salah satunya karena Pemprov Kaltim berani memberikan beasiswa sampai tuntas dan selesai,” kata Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur Iman Hidayat, Minggu (15/9/2019).

 

BKT dipilah menjadi dua bagian. Yakni Kaltim Tuntas dan Stimulan. Kaltim Tuntas terdiri dari penerima umum, khusus dan kerja sama.  Sedangkan untuk Stimulan hanya dibagi menjadi penerima umum dan khusus. Para calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas dari kategori umum harus memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik. Sedangkan untuk penerima beasiswa Stimulan dari kategori umum harus melengkapinya dengan tugas akhir, tesis, skripsi dan desertasi.

 

Sementara untuk kategori khusus, baik untuk beasiswa Kaltim Tuntas maupun Stimulan  syarat awal yang harus dipenuhi antara lain harus berasal dari keluarga miskin, disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari daerah pedalaman dan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3 T), anak dan atau cucu veteran, anak korban KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), penghafal kitab suci/Alquran (hafiz), mahasiswa luar negeri dan berdasarkan pertimbangan khusus. Beasiswa Kaltim Tuntas akan diberikan hingga penerima beasiswa lulus kuliah. Sedangkan untuk Stimulan tahunan, di awal ini hanya disiapkan untuk tahun 2019.

 

Iman menambahkan Pemprov Kaltim mengambil langkah berani dengan inisiatif untuk memberikan beasiswa hingga tuntas, yakni empat tahun untuk S1, dua tahun untuk S2 dan empat tahun untuk S3. “Syarat umumnya, calon penerima beasiswa harus merupakan penduduk Kaltim atau berKTP Kaltim.  Dan syarat Beasiswa Kaltim Tuntas minimal IPK tiga. Untuk Stimulan boleh kurang dari IPK tiga,” ungkap Iman.

 

Beasiswa akan diberikan kepada 6.452 siswa kurang mampu (SD, SMP dan SMA), 2.954 mahasiswa kurang mampu dan 1.700 penerima beasiswa Kaltim Tuntas (S1, S2 dan S3). Bagi pelajar dan mahasiswa yang berminat dapat mengakses berbagai informasi terkait BKT  ini di laman website Beasiswa Kalimantan Timur, yaitu di www.kaltimtuntas.id Bersama rilis ini juga dilampirkan alur prosedur pendaftaran  dan tata cara pendaftaran akun BKT. (***)

 

 

Penulis :Zuajie

Editor :Akbar

Sumber :wartakutim.com

Article Lainnya


Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

BONTANG - Sejumlah sekolah di Bontang hingga kini masih mengeluhkan banyaknya sarana prasarana (sapr...

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

BONTANG-- Rencana Pemerintah Kota Bontang yang berencana memberi penghargaan kepada tim sebelas pemr...

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

BONTANG - Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar...

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

BONTANG---- Menyambut pemindahan Ibu kota negara (IKN Nusantara) ke Kalimantan Timur Wakil Ketua DPR...

JELAJAH