Kembali ke Artikel
Pemkot Dorong Kemajuan Industri Kecil dengan Permudah Izin Usaha Para pengusaha industri kecil saat mengikuti kegiatan pendampingan dan edukasi yang digelar Pemkot Bontang. (Foto:Supriono)
08 Aug/2019

Pemkot Dorong Kemajuan Industri Kecil dengan Permudah Izin Usaha

PARADASE.ID. Geliat roda perekonomian Bontang dalam trend positif. Sektor usaha kecil disebut – sebut juga ambil peran dalam hal itu.

 

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop)  pun berupaya agar pelaku usaha kecil bisa terus berkontribusi dalam geliat perekonomian Bontang.

 

Salah satu yang didorong Disperindagkop adalah membantu dalam pendampingan dan edukasi terhadap Industri Kecil Menengah (IKM).  

 

 

Aji Said M. Mahdi - Kabid Industri Disperindagkop mengatakan, upaya pemerintah terhadap industri kecil yakni membantu mengurus kelengkapan izin usaha. Hal ini dinilai penting bagi pengusaha guna meningkatkan jenis usahanya.

 

Apalagi kata dia, saat ini Dinas PTSP sudah memudahkan proses perizinan. Bahkan, sistem digital pun diluncurkan demi membantu pengusaha kecil untuk mendapatkan dokumen perizinan.

 

Seperti Online Single Submission (OSS), sistem yang dibangun untuk mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha secara elektronik. Dan lebih detail Bontang sendiri sudah mengembangkan sub program dengan nama siperietnik.

 

"Kami berharap terkait izin usaha, industri kecil dapat mengetahui pentingnya memiliki kelengkapan Izin usaha serta manfaat yang akan didapat untuk pengembangan usahanya,” jelasnya.

 

 

Sekedar informasi, kegiatan pendampingan dan edukasi bagi para industri kecil digelar oleh Disperindagkop Bontang. Kegiatan ini digagas oleh Disperindagkop Kaltim. Kegiatan ini dihadiri oleh 25 Peserta, terdiri dari pengusaha tahu tempe, Assosiasi industri kerajinan (Asik), dan Assosiasi Makan-Minum (Asmami).

 

"Kami juga dapat informasi dari provinsi bahwa BLK yang ada di Kota Bontang. Juga bisa dimanfaatkan untuk dilaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan, termasuk pelatihan IKM. Untuk itu, kedepan Disperindagkop akan mencoba membangun komunikasi intens. Bila perlu dibuat MoU untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka pemberdayaan pengusaha industri kecil menengah di Kota Bontang,” pungkasnya. (***)

 

 

 

Penulis                                   :Supriono

Editor                                     :Akbar

Article Lainnya


Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

Kondisi Membaik, Marc Marquez Tambah Porsi Latihan untuk MotoGP 2022

PARADASE.id - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku kondisinya saat ini sudah membaik, ba...

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan

PARADASE.id - Meski kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M belum pasti, namun Kem...

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

Harga Tanah di Sekitar Ibu Kota Baru Melonjak 10 Kali Lipat

PARADASE.id - Harga tanah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melonjak lima hi...

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

Kronologi Ghozali Jadi Miliarder karena Selfie hingga Ditagih Pajak

PARADASE.id - Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday mendadak viral usai berhasil menjual g...

JELAJAH