Kembali ke Artikel
Pekerja Tambang Batu Bara di Kukar Tewas Tertimbun Tanah Longsor Pencarian korban terjebak longsor di tambang batu bara Kutai Kartanegara. Foto istimewa
25 Oct/2021

Pekerja Tambang Batu Bara di Kukar Tewas Tertimbun Tanah Longsor

25 Oct 2021 Lintas Kota

PARADASE.id - Musibah tanah longsor terjadi di area pertambangan batu bara PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) Desa Batuah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (24/10/2021) pukul 02.00 Wita.

 

Peristiwa nahas ini membawa dua korban yang menjadi karyawan perusahaan. 

“Bencana yang menyebabkan dua orang karyawan menjadi korban,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta.

 

Dua korban tersebut adalah Kepala Teknik Tambang (KTT) Sugiharto (50) dan konsultan engineering Paiman (48) yang merupakan warga Kukar. Mereka berdua berada di dalam mobil yang terseret longsoran tanah kawasan tambang hingga tertimbun tanah di sekitarnya. 

 

“Saat kejadian keduanya yang berada di dalam mobil diduga terseret dan tertimbun tanah longsor hingga masuk ke dalam lubang tambang,” ujarnya.

 

Pihak Human Relations perusahaan pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Kaltim. 

 

Melkianus mengatakan, SAR memang menerima laporan bencana tersebut dari internal perusahaan. Tak menunggu lama, tim SAR langsung menindaklanjuti laporan dengan menuju ke tempat kejadian bencana. 

 

Tim SAR membutuhkan waktu dua jam perjalanan tempuh hingga tiba di tempat kejadian. Bersama dengan pihak perusahaan, mereka langsung berusaha mencari korban ini. 

 

Setelah melakukan pencarian beberapa jam, SAR, kepolisian, dan pihak perusahaan akhirnya berhasil menemukan salah seorang  dalam kondisi meninggal dunia. Korban yang dilaporkan meninggal di sini adalah Sugiarto. 

 

“Pada pukul 16.15 WITA, Tim SAR Gabungan menemukan korban Sugiharto dalam kondisi meninggal dunia mengapung di kolam tambang,” ujar Melkianus.

 

Korban ini lantas dibawa ke RS IA Moeis di Samarinda untuk menjalani visum penyebab kematiannya. Korban ini diduga berusaha keluar menyelamatkan diri dari dalam mobil. 

 

Setelah itu, tim SAR melanjutkan pencarian korban selanjutnya atas nama Paiman sebagai konsultan engineering. Ia diduga terjebak di dalam mobil yang masih tertimbun longsor.

 

Pencarian pun terus dilakukan hingga di hari kedua tim SAR berhasil menemukan korban.

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, tim SAR menemukan korban Paiman pada hari Senin (25/10/2021) pukul 06.15 WITA. Korban ditemukan di lokasi kolam bekas tambang batu bara dengan kondisi sudah meninggal dunia. 

 

"Seharian ini, tim SAR membagikan personelnya menjadi dua tim pencarian di lokasi tanah longsor dan kolam bekas area penambangan", ungkapnya. 

 

Tim pertama berusaha membongkar area longsor dengan mempergunakan peralatan berat pertambangan. Sedangkan tim kedua, menyusuri kolam bekas pertambangan mempergunakan perahu karet. 

 

Luasan area pencarian meliputi kawasan 62.151 meter persegi. 

 

Selepas itu, tim SAR pun langsung mengevakuasi jasad korban ke Rumah Sakit I.A Moeis Samarinda. Sekaligus juga, mereka menutup operasi SAR kecelakaan kerja di pertambangan batu bara Kukar ini. (*)

 

 

Penulis : Sri Wibisono

Editor  : Umil Surya

Sumber IDN Times Kaltim

Article Lainnya


Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

PARADASE.id - Chelsea harus susah payah mengalahkan Watford 2-1. The Blues diakui bermain buruk dan ...

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

PARADASE.id - Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan satu kasus infeksi Covi...

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

PARADASE.id - Menteri BUMN Erick Thohir telah menutup 74 anak dan cucu usaha milik PT Pertamina (Per...

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

PARADASE.id - Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan kejengkelannya pada calon CPNS yang curang ...

JELAJAH