Kembali ke Artikel
Parade Budaya Meriahkan HUT Desa Tepian Baru Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur Menghadiri HUT Desa Tepian Baru di Kecamatan Bengalon (Foto: berita3.net)
17 Jun/2022

Parade Budaya Meriahkan HUT Desa Tepian Baru

Paradase.id -  Masyarakat Desa Tepian Baru di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur tengah merayakan Hari Ulang Tahun desanya yang ke-17.

 

Uniknya dalam perayaan ini, pemerintah Desa Tepian Baru menggelar parade budaya yang mempertunjukkan beragam keunikan dari berbagai macam etnis dari seluruh Indonesia.

 

Kendati digelar secara sederhana, antusiasme warga desa sangat tinggi ketika memeriahkan seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT Desa Tepian Baru.

 

Kepala Desa Tepian Baru, Edy Suprianto mengatakan bahwa desanya memang dihuni oleh penduduk dari berbagai macam etnis dan budaya.

 

"Desa Tepian Baru adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Bengalon yang terdiri dari berbagai kepercayaan dan suku. Masyarakatnya beragam dari Jawa, Sulawesi, NTT, NTB kemudian suku Batak, Sunda, Madura, Banjar, dan lain sebagainya," ujarnya pada TribunKaltim.co, Jumat (17/6/2022).

 

Pada HUT Desa tahun 2022 ini, setelah pandemi mulai mereda, keberagaman tersebut nampak kontras namun dibalut dengan keharmonisan.

 

Keberagaman justru membuat warga desa hidup bersosial dengan saling menghormati, bertoleransi, menjaga keutuhan dan bergotong-royong satu dengan yang lain.

 

"Dengan keberagaman ini kita berhasil menjaga keharmonisan antara umat beragama maupun saling menghormati antar suku di desa yang kita cintai ini," ujarnya.

 

Atas dasar ini pula, perayaan HUT Desa Tepian Baru digelar dengan melibatkan semua masyarakat melalui keberagaman baik itu sisi keagamaan maupun budaya.

 

Harapannya dapat mempererat tali silaturahmi antara warga dan menjalin kerukunan antar suku dan agama serta meningkatkan ekonomi kerakyatan yang ada di Desa Tepian Baru.

 

Melalui perayaan HUT, pemerintahan desa dan seluruh masyarakat memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para pejuang, perintis, pendiri, serta pemimpin desa terdahulu.

 

Oleh karenanya, digelar acara istighosah bagi umat muslim dan doa bersama bagi umat nasrani untuk menyampaikan doa bagi tokoh-tokoh pembangun desa.

 

"Kita bersama-sama berdoa atas kerja keras, pengorbanan, ketulusan, dan pengertian yang diberikan untuk Desa Tepian Baru," ucapnya.

 

Sebagai penerus cita-cita para pendiri, lanjut Kades, mendoakan agar senantiasa diberikan keselamatan kekuatan dan kemampuan untuk terus bekerja nyata dan berkarya memajukan desa tercinta. (Sumber: tribunnews/Syifaul Mirfaqo)

 

[AFG]

Article Lainnya


Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Investor Asal Hongkong Lirik Investasi di IKN Nusantara

Paradase.id - Investor Hong Kong tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru (IKN) Nusantara, Kalim...

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Monster Energy Yamaha Kena Penalty, Netizen Geram

Paradase.id - Keputusan stewards MotoGP memberikan hukuman long lap penalty kepada Fabio Quartararo ...

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Ini Rahasia Resep Panjang Umur Warga Okinawa

Paradase.id - Di Jepang, atau tepatnya di Okinawa salah satu tempat di dunia yang memili...

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

BI Bekerja Sama dengan Bank Sentral Kawasan untuk Jamin Likuiditas Aman

Paradase.id - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Bank for International Settlement (BIS),...

JELAJAH