Kembali ke Artikel
Oknum Kader HMI Bontang Diduga Lakukan Aktifitas Berbau Politik di Sekertariat, Ketua Cabang: Secepatnya Kami Panggil Untuk Klarifikasi Tangkapan layar kegiatan pengemasan sembako diduga berbau politik yang dilakukan oleh Ganjar Millenial Center (GMC) di sekretariat HMI Komisariat Bontang
02 May/2022

Oknum Kader HMI Bontang Diduga Lakukan Aktifitas Berbau Politik di Sekertariat, Ketua Cabang: Secepatnya Kami Panggil Untuk Klarifikasi

02 May 2022 Berita Terkini Bontang

Paradase.id - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Bontang, Cabang Sangatta kini tengah didera isu tak sedap. 

 

Pasalnya, beberapa hari yang lalu tepatnya 29 April 2022, beredar cuplikan video yang memperlihatkan salah satu oknum kader yang diduga  melakukan aktifitas politik di sekretariat HMI Komisariat Bontang, jalan DI Pandjaitan, Kelurahan Bontang Baru, Bontang Utara. 

 

Aktifitas politik yang dimaksud yakni mengemas bantuan paket sembako dari Ganjar Milenial Center (GMC). GMC sendiri merupakan kumpulan para pemuda yang mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo, untuk maju sebagai calon presiden 2024. 

 

Menanggapi hal tersebut, Ketua HMI Cabang Sangatta Ashan Putra Pradana mengatakan, pihaknya akan segera oknum yang diketahui bernama Zadly Jaya tersebut. 

 

Pemanggilan tersebut, bertujuan untuk mengklarifikasi kebenaran video yang menyangkut Zadly Jaya.

 

"Secepatnya akan saya panggil. Kan dia masuk pengurus cabang bidang PPPA juga, jadi harus dimintai klarifikasi soal kebenaran video yang beredar tersebut," ujar Ashan Putra Pradana, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

 

Pun jika video tersebut terbukti benar dan melanggar AD/ART HMI, pihaknya akan memberikan sanksi sesuai konstitusi organisasi.

 

"Kalau memang terbukti bersalah, tentu akan diberikan sanksi sesuai mekanisme yang dijalankan di organisasi," ujarnya.

 

Diapun berpesan agar para kader HMI Cabang Sangatta, agar sebisa mungkin menghindari kegiatan yang berorientasi ke arah politik. Sesuai dengan AD/ART pasal 5 yang berbunyi HMI bersifat independen.

 

"Kita semua punya orientasi politik, tapi jangan pernah libatkan status, anggota, ataupun sekretariat HMI. Sesuai AD/ART hal itu memang dilarang," pungkasnya.

 

Sementara itu, Zadly Jaya mengakui kebenaran video tersebut. Termasuk kegiatan dan aktifitas pengamasan sembako dari GMC.

 

Namun dia menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukanlah hal yang disengaja.  

 

Dia menceritakan pada malam itu, dirinya baru saja melakukan perjalanan dari Sulawesi ke Bontang. Setelah sampai di Bontang, dirinya menghubungi salah satu anggota GMC yang diketahui juga merupakan kader HMI untuk bertanya soal pengemasan sembako.

 

Setelah mendapatkan informasi pengemasan sembako tersebut dilakukan di sekretariat HMI Komisariat Bontang, dirinya sempat mengusulkan untuk pindah ke lokasi lain. 

 

Namun, paket sembako yang sudah dibuka dan kondisi gerimis pada malam itu tidak memungkinkan untuk pindah ke lain tempat.

 

"Saya akui soal kebenaran video itu, tapi kami dari GMC terpaksa melakukan pengemasan tersebut karena kondisi yang tidak memungkin untuk pindah," ujar Zadly saat dikonfirmasi.

 

Mengenai video yang beredar, dia mengatakan dokumentasi kegiatan tersebut memang wajib dilakukan. Karena, sembako yang akan dibagikan tersebut bukan berasal dari kantong pribadi.

 

"Saya akui hal itu suatu kesalahan yang dilakukan oleh anggota GMC Bontang. Namun sebagai koordinator saya siap bertanggung jawab dan meminta maaf. Selain itu, saya maupun kader HMI yang lain tidak ada niatan untuk mencampurbaurkan GMC dan HMI. Tapi karena kondisi yang tidak memungkin, makanya kami lakukan pengemasan sembako itu di Sekertariat HMI ," pungkasnya.

 

Reporter: M Safril

Article Lainnya


Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Paradase.id - Penanganan banjir menjadi pekerjaan rumah Pemkot Bontang. Salah satu upaya yang dilaku...

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Paradase.id - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 di posisi ketiga klasemen medali. Berdas...

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Paradase.id - Wali Kota Bontang Basri Rase menghadiri sekaligus meresmikan peluncuran mobil AmbulanM...

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Paradase.id - Medali perunggu diraih oleh Putty Insavilla Armein, Sharon Adelina L Santoso, Shinta C...

JELAJAH