Kembali ke Artikel
Manajemen Perkantoran
28 Sep/2021

Manajemen Perkantoran

28 Sep 2021 In Way

Inway#158

 

Oleh : Rusmiati Indrayani

 

Selamat datang mahasiswa semester III Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta di kanal saya. Inway. 

Sekilas tentang inway. Ini adalah media pribadi, semacam blog tulisan yang dipublikkan di arus utama media online Paradase.id. Di sini ruang praktik saya menuliskan pemikiran. Sebenarnya kanal ini lebih tepat dikatakan media aktualisasi diri sebagai seorang ibu dengan empat putra/i dewasa, sebagai pendidik, sebagai seorang anggota masyarakat, dan sebagai seorang hamba yang berTuhan.

 

Baik. Edisi kali ini, khusus untuk menjelaskan konsep pembelajaran kita dalam mata kuliah:

Manajemen Perkantoran. 

 

Secara umum menu  yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah : 

 

Konsep dasar manajemen perkantoran yang meliputi pengertian, ruang lingkup dan  fungsi manajemen perkantoran, tata ruang kantor, kepemimpinan kantor, komunikasi kantor/ tata hubungan kantor. Jika materi ini sudah tersampaikan maka ujian tengah semesterpun digelar.

Secara teknis mahasiswa akan menyampaikan presentasi secara bergiliran dalam bentuk diskusi kelas. Naskah diskusi berupa PPT berisi gambar dan video terkait topik yang dibahas. Setiap kelompok menunjuk dua orang presenternya, sedangkan anggota lain bertugas memberikan tambahan informasi terkait gambar atau video yang ditampilkan. Karena penyajian didominasi gambar dan video maka kata-kata yang digunakan untuk menarasikan materi otomatis terbatas. Penggunaaan kata-kata berfungsi sebagai pendukung saja, artinya kata-kata bukan menjadi sajian utama. Kata-kata yang digunakan untuk memerkuat pesan gambar dan kesan pada video diutamakan kutipan dari tokoh terkenal atau pepatah yang memberi kesan kuat.

 

Sekarang silahkan kalian menarik napas dari hidung lalu secara pelan-pelan mengembuskannya lewat mulut. Ingat, pelan-pelan saja supaya tidak batuk atau tersedak.

 

Mari kita lanjutkan pada teknis kedua.

 

Pasca UTS, artinya setelah teori di atas selesai. Desain pembelajaran kita adalah aktualisasi teori dengan panduan materi : penataan arsip, penataan perlengkapan kantor, pemanfaatan teknologi informasi, efesiensi pekerjaan, dan keselamatan serta kesehatan kerja. Konsepnya adalah : belajar melalui pengamatan langsung. Jadi mahasiswa turun ke lapangan. Silahkan memilih satu kantor untuk melihat tata kelolanya sesuai dengan materi di atas (jika membutuhkan surat keterangan tugas silahkan menghubungi bagian administrasi jurusan).

Ini berlangsung dua kali pertemuan dalam bentuk diskusi kelas. 

 

Sampai di sini, kita telah menunaikan 75 persen materi kuliah. Dari pengetahuan tentang teori yang diterima dan pengamatan yang kalian lakukan, maka tibalah saatnya praktik membuat laporan. Bentuk penulisan laporan berasal dari studi kasus atau pengalaman kalian “mengintip” kantor orang lain. Saya kira mungkin teknis pembelajaran ini tidak konvensional. Jika kita sepakat ada perbedaan dari cara biasa, maka anggap saja sedikit Inovasi. Cara belajar seperti ini berpusat pada peserta didik untuk bersikap kritis terhadap masalah di sekitarnya.

Kantor tidak sama dengan sekolah. Ketika kamu mendapatkan masalah baik mengenai pekerjaan atau relasi antar teman, maka kamu harus sanggup menolong dirimu. Jika ada keinginan berhenti atau keluar dari kanoar karena terlilit masalah. Saya sarankan untuk berpikir lagi, sebab yang harus kamu atasi hanyalah masalah bukan menutup mata pencaharianmu. 

Sebagaimana tujuan mata kuliah ini, supaya kamu mengenal lebih dekat situasi nyata sebuah perkantoran, maka saya doakan semoga selain memiliki pengetahuan yang didapatkan dari teori, kamu juga cakap mengelola urusan perkantoran. Dengan demikian kehadiranmu di sebuah lingkungan kerja memberikan manfaat lebih dari yang diharapkan. Untuk mengatakan kamu memang pantas diandalkan.

Kira-kira demikian, ya. Selanjutnya sampai jumpa di kelas. Kita diskusikan ini secara mendalam.

Salam

 

Dr. (Cand) Hj. Rusmiati Indrayani, M.Pd

(Dosen Pengampu Mata Kuliah)

Article Lainnya


Diskominfo Bontang: Ada Warga yang Menolak Pemasangan WiFi Gratis

Diskominfo Bontang: Ada Warga yang Menolak Pemasangan WiFi Gratis

PARADASE.id - Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominf...

Penanganan RTLH di Kaltim Capai 15.072 Unit

Penanganan RTLH di Kaltim Capai 15.072 Unit

PARADASE.id - Gubernur Kaltim Isran Noor, menyerahkan bantuan program Rumah Layak Huni (RLH) melalui...

Tema Kafe Dakwah

Tema Kafe Dakwah

Inway#159 Oleh : Rusmiati Indrayani Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra p...

Asik Main, Seorang Anak di  Kampung Mandar Lok Tuan Diserang Buaya

Asik Main, Seorang Anak di Kampung Mandar Lok Tuan Diserang Buaya

PARADASE.id - Buaya di Kampung Mandar Kelurahan Lok Tuan kembali berulah. Bocah berusia 6 tahun yang...

JELAJAH