Kembali ke Artikel
Lahan Tersedia, DPRD Bontang Desak Pembangunan Uji KIR Dipercepat Sekretaris Komisi III DPRD Bontang Abdul Somad. (Dok: M.Safril)
09 Apr/2021

Lahan Tersedia, DPRD Bontang Desak Pembangunan Uji KIR Dipercepat

PARADASE.id - Sekretaris Komisi III DPRD Bontang Abdul Somad mendesak Pemerintah Kota Bontang segera merealisasikan pembangunan Gedung Uji KIR di bawah naungan Dishub Bontang yang sesuai standar. 

 

Sejak  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mencabut izin operasi uji KIR dengan alasan fasilitas dan gedung uji KIR yang tidak memenuhi standar, dirinya pun meminta pemerintah untuk membangun fasilitas tersebut sesuai standar yang ditentukan. 

 

Abdul Somad mengatakan, sejak dicabutnya izin uji KIR di Bontang, pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tersebut otomatis hilang yang ditaksir Rp 250 juta pertahunnya. Bontang pun hanya bisa mengeluarkan rekomendasi untuk uji KIR di Samarinda.

 

"PAD kita otomatis hilang dan beralih ke Samarinda, jadi sebaiknya pemerintah kota segera membangun gedung uji KIR yang layak," ujar Abdul Somad saat dikonfirmasi, Selasa (06/04/2021) malam. 

 

Politisi Partai Hanura itu mengatakan, aspirasi untuk membuat gedung uji kir sudah digaungkan sejak lama. Lahan untuk pembangunan tersebut pun sudah tersedia di bilangan jalan Martadinata, Kelurahan Lok Tuan, Bontang Utara. 

 

"Lahan seluas 1 hektar sudah siap, sisa dibangun fasilitas uji KIR. Jadi sebaiknya pemerintah  tindak lanjuti hal itu," ujarnya

 

Anggota Komisi III Faisal menambahkan, pembangunan gedung tersebut  diminta agar terealisasi paling lambat tahun depan. Hal tersebut lantaran bisa memudahkan masyarakat yang ingin melakukan uji KIR. Terutama memangkas biaya perjalanan yang harus dikeluarkan. 

 

"Kalau sudah ada di Bontang, masyarakat bisa lebih dimudahkan. Tidak perlu lagi, keluarkan biaya ke Samarinda," ujarnya. (Adv)

 

Penulis : M. Safril

Editor  : Umil Surya

Article Lainnya


Bandara Sepinggan Balikpapan Tetap Beroperasi di Tengah Larangan Mudik

Bandara Sepinggan Balikpapan Tetap Beroperasi di Tengah Larangan Mudik

PARADASE.id - General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Barata Singgih Riwahono menyampaikan...

Kejagung Mau Lelang Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya

Kejagung Mau Lelang Aset Sitaan Asabri dan Jiwasraya

PARADASE.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) berencana melelang barang bukti yang disita dari perkara ko...

Diskop UKMP Bontang Beberkan Solusi Jaringan Pemasaran Produk UMKM

Diskop UKMP Bontang Beberkan Solusi Jaringan Pemasaran Produk UMKM

PARADASE.id - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop UKMP) Bontang membeb...

Asosiasi Pemkot Ungkap Penyebab Dana Desa 'Nganggur' di Bank

Asosiasi Pemkot Ungkap Penyebab Dana Desa 'Nganggur' di Bank

PARADASE.id - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sekaligus Wal...

JELAJAH