Kembali ke Artikel
Kejuaraan Catur Wali Kota Cup 2021 Digelar, 70 Peserta Perebutkan Hadiah Puluhan Juta Percasi Bontang mengelar turnamen Wali Kota Cup ke 4 tahun 2021 pada Jumat (24/9/2021). (M.Safril/Paradase.id)
25 Sep/2021

Kejuaraan Catur Wali Kota Cup 2021 Digelar, 70 Peserta Perebutkan Hadiah Puluhan Juta

25 Sep 2021 Berita Utama Bontang

PARADASE.id - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Bontang, secara resmi menggelar  turnamen Wali Kota Cup ke 4 tahun 2021. 

 

Gelaran tersebu dibuka langsung oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase di Gedung Aula Graha Pemuda, Kelurahan  Tanjung Laut, Bontang Selatan pada Jumat (24/09/2021) malam. 

 

Ketua  Percasi Bontang Agus  Haris mengatakan,  turnamen catur yang  yang diikuti 70 peserta tersebut dibagi menjadi dua kategori. Yakni senior dengan 50 peserta dan kategori junior 20 peserta. 

 

Semua peserta itu pun memperebutkan hadiah total sebesar Rp 35,7 juta. "Untuk peserta senior total hadiahnya Rp 26,3 sedangkan junior Rp 9,4 juta," ujar Agus Haris

 

Dikatakan Agus Haris,   turnamen tersebut digunakan sebagai ajang silaturahmi bagi para  atlet senior yang ada di Bontang.  Selain itu,  ajang tersebut juga digunakan untuk mempersiapkan atlet muda berbakat  untuk turnamen di tingkat provinsi maupun nasional.

 

 

Ketua Percasi Bontang Agus Haris saat duel dengan Wali Kota Bontang Basri Rase. (M.Safril/Paradase.id)
Ketua Percasi Bontang Agus Haris saat duel dengan Wali Kota Bontang Basri Rase. (M.Safril/Paradase.id)

 

Diapun mengaku untuk meningkatkan olahraga catur , Percasi Bontang  rutin menggelar latihan tiap akhir  pekan.  Baik itu untuk kategori senior maupun junior. 

 

"Turnamen ini sebagai salah satu ajang pembinaan Percasi ke para atlit catur di Bontang. Agar olahraga  yang memerlukan keterampilan otak ini bisa lebih berkembang ke depannya," sebutnya.

 

Pria yang juga menjabat  sebagai Wakil Ketua DPRD Bontang ini pun  berencana akan menggelar turnamen catur dengan skala yang lebih  besar. Baik itu di skala provinsi maupun nasional. 

 

"Sebenarnya rencana awalnya Wali  Kota Cup ke empat ini untuk regional Kaltim. Namun karena pandemi yang masih kategori level tiga, kita hanya gelar untuk Bontang saja. Mungkin tahun depan akan kami gelar turnamen  yang lebih besar lagi," pungkasnya. 

 

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan pihaknya sangat mendukung turnamen yang digelar Percasi tersebut. 

 

Selain itu, Basri juga menyetujui rencana Percasi Bontang untuk menggelar even yang  lebih besar di tahun depan. Di mana kedatangan warga luar daerah dalam ajang itu disebut dapat menumbuhkan perekonomian pelaku UMKM maupun pariwisata. 

 

"Kalau banyak peserta dari luar kan minimal belanja oleh-oleh  khas Bontang. Tentu saya sangat mendukung  jika ada turnamen tingkat  provinsi atau bahkan nasional, karena bisa membantu  mewujudkan program pemerintah. Yakni pengembangan UMKM dan pariwisata," pungkasnya. (*)

 

 

Penulis : M.Safril

Editor  : Umil Surya

Article Lainnya


Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

PARADASE.id - Chelsea harus susah payah mengalahkan Watford 2-1. The Blues diakui bermain buruk dan ...

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

PARADASE.id - Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan satu kasus infeksi Covi...

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

PARADASE.id - Menteri BUMN Erick Thohir telah menutup 74 anak dan cucu usaha milik PT Pertamina (Per...

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

PARADASE.id - Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan kejengkelannya pada calon CPNS yang curang ...

JELAJAH