Kembali ke Artikel
Kalah Adu Pinalti, Indonesia Runner Up AFF Futsal 2022 Timnas Futsal Indonesia pada saat melawan Thailand (Foto: nextsport.id)
11 Apr/2022

Kalah Adu Pinalti, Indonesia Runner Up AFF Futsal 2022

11 Apr 2022 Berita Utama Olah Raga

Paradase.id -  Timnas Futsal Indonesia menjadi runner up Piala AFF Futsal 2022 usai kalah 5-3 (2-2) dari Thailand lewat adu penalti di final pada Minggu (10/4) petang WIB.

 

Bertanding di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Indonesia mendapatkan tekanan luar biasa dari Thailand di awal-awal permainan.

 

Laga baru berjalan satu menit Thailand memberikan kejutan pada Indonesia lewat tendangan Panut Kittipanuwong yang masih membentur tiang.

 

Pada menit keempat, Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Sempat melewati Albagir, Atsadawut Jangkot mampu melepaskan tembakan ke gawang Indonesia. Beruntung bola masih dapat diamankan pemain Indonesia Marvin Alexa.

 

Satu menit berselang, serangan balik cepat hasil kerja sama apik Runtuboy dan Syauqi mampu membahayakan gawang Thailand. Sayang sontekan Syauqi masih bisa diblok kiper Thailand.

 

Syauqi kembali mengancam gawang Thailand pada menit kelima, namun tembakannya masih dapat ditepis kiper Thailand sehingga menghasilkan sepak pojok. Berawal dari sepak pojok ini Indonesia menghasilkan peluang lewat tembakan voli dari Marvin Alexa yang masih dapat diblok kiper Thailand.

 

Pada menit ketujuh tembakan keras dari jarak jauh dilepaskan Sarawut Phalaphruek, namun masih dapat diblok kiper Indonesia Muhammad Albagir.

 

Pada menit kedelapan Indonesia berhasil unggul 1-0 lewat gol Evan Soumilena usai meneruskan umpan dari Firman.

 

Di menit ke-11, pemain Thailand Osamanmusa mampu melepaskan tembakan ke gawang Indonesia namun masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

 

Pada menit ke-16, gawang Indonesia kembali terancam usai Krit Aransanyalak melepaskan sontekan yang berubah arah karena terbentur pemain belakang Indonesia. Untungnya Albagir masih mampu menghalau bola meski langsung mengalami cedera di bagian punggung.

 

Sempat digantikan beberapa detik oleh kiper cadangan Ikhsan, Albagir kemudian kembali dimasukan oleh pelatih untuk kembali mengawal gawang Indonesia.

 

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, Indonesia mampu unggul atas Thailand dengan skor 1-0.

 

Pada menit ke-26 atau menit keempat di babak kedua Ardiansyah Runtuboy berhasil membawa Indonesia memperlebar jarak keunggulan 2-0 atas Thailand.

 

Runtuboy berhasil menyontek bola berkat umpat yang dikirimkan Syauqi Saud dari sisi kiri penyerang Indonesia.

 

Usai kebobolan untuk kedua kalinya Thailand tampil lebih menekan. Namun, sejumlah peluang yang mereka dapat selalu gagal dikonversi menjadi gol.

 

Pada menit ke-34, Thailand mencoba memainkan power play. Strategi ini nyaris membuahkan hasil pada menit ke-35, setalah Osamanmusa yang bebas dari kawalan mampu melepaskan tembakan tapi arahnya masih jauh dari gawang Albagir.

 

Satu menit berselang dari skema yang sama Thailand kembali mengancam gawang Indonesia, hanya saja Panut Kittipanuwong gagal memaksimalkan peluang yang didapat setelah tembakannya melambung.

 

Thailand lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang yang didapat pada menit ke-38 oleh Osamanmusa setelah tendangannya melenceng.

 

Thailand akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat gol Krit Aransanyalak pada menit ke-39.

 

Thailand mampu menambah gol lewat Osamanmusa pada detik-detik akhir permainan dan membuat skor imbang 2-2.

 

Usai kebobolan kedua, Indonesia kembali tampil menyerang. Indonesia mendapatkan peluang lewat Evan namun masih melenceng di sisi kanan gawang Thailand.

 

Babak kedua pun berakhir dengan skor imbang 2-2. Laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

 

Sayangnya, di babak pertama babak perpanjangan waktu Indonesia harus kehilangan Evan Soumilena yang mendapatkan kartu kuning kedua.

 

Evan mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan gerakan sikutan saat duel dengan pemain Thailand.

 

Di pengujung babak pertama perpanjangan waktu Indonesia mendapatkan peluang lewat Firman Adriansyah. Namun tembakannya masih dapat diblok kiper Thailand.

 

Setelah itu giliran Thailand mengepung Indonesia yang harus bermain dengan empat pemain. Beruntung sejumlah tembakan Thailand masih dapat diblok kiper Indonesia Muhammad Albagir.

 

Hingga dua babak perpanjangan waktu berakhir tak ada gol yang mampu tercipta. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

 

Penendang pertama Thailand Osamanmusa berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik untuk membawa Thailand unggul 1-0di adu penalti.

 

Sementara penendang pertama Indonesia Firman Adriansyah juga mampu memaksimalkan tugasnya untuk membuat skor 1-1.

 

Penendang kedua Thailand Ronnachai Jungwongsuk juga sukses membuat skor menjadi 2-1.

 

Sayang penendang kedua Indonesia Runtuboy dapat dimentahkan kiper Thailand. Penendang ketiga Thailand Panut Kittipanuwong mampu menuntaskan tugasnya dengan baik dan membawa timnya unggul 3-1.

 

Kemudian penendang ketiga Indonesia Syauqi Saud juga mampu mengeksekusi penalti dengan sempurna untuk mengubah kedudukan menjadi 3-2.

 

Penendang keempat Thailand Krit Aransanyalak juga mampu memasukkan bola dan membuat skor 4-2.

 

Penendang keempat Indonesia Ardiansyah Nur juga sukses menuntaskan tugasnya dengan baik dan membuat skor menjadi 4-3.

 

Sementara penendang terakhir Thailand Peerapat Kaewwilai sukses membawa timnya memastikan kemenangan menjadi 5-3 dan membawa Thailand juara Piala AFF Futsal 2022.

 

Sumber: cnnindonesia.com

Editor: Ahmad Fuad Ghazali

Article Lainnya


Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Paradase.id - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 di posisi ketiga klasemen medali. Berdas...

Startup Pendidikan Asal Indonesia Ikut Tampil di World Economic Forum 2022

Startup Pendidikan Asal Indonesia Ikut Tampil di World Economic Forum 2022

Paradase.id - Startup pendidikan Cakap bekerja sama dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) akan memamerk...

Pemerintah Kota Bontang Meraih Penghargaan WTP dari BPK

Pemerintah Kota Bontang Meraih Penghargaan WTP dari BPK

Paradase.id - Pemkot Bontang kembali meraih Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BP...

Jokowi Memperbolehkan Masyarakat Keluar Tanpa Masker

Jokowi Memperbolehkan Masyarakat Keluar Tanpa Masker

Paradase.id - Presiden Joko Widodo memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa meng...

JELAJAH