Kembali ke Artikel
KAHMI Gelar Rakornas II di Balikpapan Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto:Zuajie)
01 Sep/2019

KAHMI Gelar Rakornas II di Balikpapan

PARADASE.ID.  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) digelar selama tiga hari sejak 30 Agustus hingga 1 September 2019, di Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih seribu peserta dari barbagai wilayah di Indonesia itu terlihat sangat meriah.

 

Sejumlah tokoh nasional terlihat hadir dalam rakornas tersebut seperti, Dewan Penasihat KAHMI Akbar Tanjung, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

 

Dalam kesempatannya, Gubernur Kaltim Isran Noor memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta Rakornas II KAHMI.

 

Menyinggung sedikit masalah pemindahan Ibukota, dalam sambutan tersebut Isran menyelipkan pantun yang mendapat apresiasi dari para peserta.

 

"Naik batang pohon kweni, batang mahal pohon gaharu, selamat datang di provinsi ini, insya allah ibukota baru," pantunnya, disambut galak tawa peserta.

 

Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI, Hamdan Zoelva mengatakan rakornas pada kesempatan ini membahas tentang kedaulatan pangan dan energi.

 

"Kedaulatan pangan dan kedaulatan energi adalah bagian penting untuk mengokohkan ketahanan nasional. Ketahanan nasional kita akan kuat ketika kemandirian pangan dan energi kita miliki," sambutnya, di Ballroom Gran Senyiur Hotel Balikpapan.

 

Pembahasan mengenai kedaulatan pangan dan energi telah menjadi agenda diskusi internal KAHMI. Bahkan, beberapa seminar dan focus group discussion (FGD) pun telah dilakukan.

 

"Penting mewujudkan kemandirian pangan dan energi. Untuk kemandirian bangsa. Untuk pangan, tingkatan selanjutnya dari kedaulatan pangan adalah bagaimana mewujudkan makanan sehat dan berkualitas," terangnya.

 

"Sebagai sumbangsih pemikiran, KAHMI telah meluncurkan buku yang nanti akan berikan kepada Pak Menteri yang hadir. Buku itu merupakan hasil pembahasan KAHMI tentang kedaulatan pangan dan energi dengan judul Pangan, Kebangsaan dan Ketahanan Nasional," tambahnya.

 

Ia juga sempat menjelaskan soal permasalahan yang sedang menerpa HMI, hingga membuat KAHMI yang merupakan lembaga Alumni HMI bingung memposisikan diri. 

 

Namun saat mendengar penjelasan MPK PB HMI, pihaknya menganggap keputusan yang diambil MPK PB HMI adalah dalam rangka penyelamatan organisasi.

 

"Jujur KAHMI sempat bingung memposisikan diri. Namun dengan penjelasan MPK PB HMI, kami anggap keputusan MPK PB HMI adalah jalan untuk menyelamatkan organisasi dan kita harus dukung itu," tambahnya.

 

Saat ini KAHMI telah mengakui PB HMI dibawah kepemimpinan Arya Kharisma Hardy sebagai Pejabat Ketua Umum, untuk itu Hamdan Zoelva meminta kepada Presidium MW KAHMI dan MD KAHMI seluruh Indonesia untuk tidak mengindahkan hal-hal yang berkenaan dengan institusi PB HMI diluar Kepengurusan Pejabat Ketua Umum. (***)

 

 

Penulis:Zuajie

Editor:Akbar

Article Lainnya


Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Normalisasi Sungai Solusi Tercepat Penanganan Banjir di Bontang

Paradase.id - Penanganan banjir menjadi pekerjaan rumah Pemkot Bontang. Salah satu upaya yang dilaku...

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Sesuai Harapan, Indonesia 3 Besar Peringkat Sea Games 2021 di Vietnam

Paradase.id - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 di posisi ketiga klasemen medali. Berdas...

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Mobil AmbulanMU Diresmikan, Basri rase: Diharapkan Meringankan Beban Warga yang Membutuhkan

Paradase.id - Wali Kota Bontang Basri Rase menghadiri sekaligus meresmikan peluncuran mobil AmbulanM...

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Indonesia Sumbang Medali dari Cabor Bowling

Paradase.id - Medali perunggu diraih oleh Putty Insavilla Armein, Sharon Adelina L Santoso, Shinta C...

JELAJAH