Kembali ke Artikel
Ini Penjelasan Diskop-UKMP Bontang Terkait Penyaluran Tahap Akhir BPUM Tahun Ini  Kepala Bidang Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang Yusran. (M.Safril/Paradase.id)
26 Oct/2021

Ini Penjelasan Diskop-UKMP Bontang Terkait Penyaluran Tahap Akhir BPUM Tahun Ini

PARADASE.id – Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kementrian Koperasi dan UKM di Kota Bontang telah tersalurkan kepada 2.305 pelaku UMKM. Dari semua yang dinyatakan lulus verifikasi,  tersisa 219 pelaku UMKM yang belum mendapatkan pencairan  bantuan senilai Rp 1,2 juta tersebut. 

 

Kepala Bidang Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang  Yusran mengatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi terhadap ratusan pendaftar tersisa itu. 

 

Menurut Kementerian Koperasi dan UKM RI, batas waktu penyaluran BPUM bagi pelaku usaha dalam gelombang pertama hingga ketiga kali ini yakni akhir tahun 2021.

 

"Kami belum bisa pastikan, infonya sih maksimal hingga bulan Desember mendatang," ujar yusran saat ditemui di kantornya, Selasa (26/10/2021)  siang.

 

Disinggung mengenai pendaftaran BPUM tahap keempat, Yusran mengatakan pihaknya tak bias memastikan program pusat ini akan berlanjut.. Namun, berdasarkan pengalaman di  tahun lalu,  informasi pendaftaran BPUM akan  tersebar pada  bulan Januari. 

 

“Kalau pengalaman sebelumnya, biasnyaa awal tahun baru diinfokan. Kalau pun nantinya dibuka pendaftaran  BPUM  tahap keempat  pasti akan kami sebar ke setiap kelurahan yang ada di Bontang," ungkapnya.

 

Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa segera melakukan pengecekan penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahap 3 dengan mengakses eform.bri.co.id/bpum.

 

Sebab, bantuan langsung tunai (BLT UMKM) dari pemerintah tersebut akan segera ditutup. Untuk itu, bagi para pelaku usaha yang belum menerima bantuan, bisa melakukan pengecekan daftar penerima atau pun reservasi pencairan melalui eform BRI tersebut.

 

Dikabarkan pemerintah menargetkan sebesar Rp 12,8 juta penerima selama 2021. Untuk penyaluran tahap ke-3, setiap penerima BLT UMKM akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 1,2 juta. Pencairan hanya dilakukan sekali untuk setiap penerima yang memenuhi syarat. (Adv)


Penulis : M.Safril
Editor  : Umil Surya

Article Lainnya


Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

Berhasil Lawan Watford, Tuchel: Chelsea Menang Beruntung

PARADASE.id - Chelsea harus susah payah mengalahkan Watford 2-1. The Blues diakui bermain buruk dan ...

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

Arab Kemasukan Varian Omicron Jelang Jamaah RI Bisa Umroh

PARADASE.id - Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya telah menemukan satu kasus infeksi Covi...

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

Erick Thohir Tutup 74 Anak dan Cucu Pertamina Hingga Telkom

PARADASE.id - Menteri BUMN Erick Thohir telah menutup 74 anak dan cucu usaha milik PT Pertamina (Per...

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

Curang Saat Tes, 252 Peserta CPNS Didiskualifikasi

PARADASE.id - Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan kejengkelannya pada calon CPNS yang curang ...

JELAJAH