Kembali ke Artikel
Indonesia Lolos Ke Final AFF U-16 2022 Tim U-16 Indonesia Melaju ke Final, Usai Kalahkan Taktik Bertahan Myanmar (Foto: PSSI)
11 Aug/2022

Indonesia Lolos Ke Final AFF U-16 2022

Paradase.id - Timnas Indonesia U-16 maju ke final Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia mengalahkan Myanmar 5-4 lewat adu penalti, usai berimbang 1-1 selama 90 menit.

 

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022), Indonesia dibuat frustrasi Myanmar sejak kick off. Di babak pertama, gawang Indonesia bahkan bisa dibobol Nay Min Htet, jelang turun minum.

 

Di babak kedua, Indonesia sempat menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol tendangan bebas Riski Afrisal. Hingga waktu normal habis, skor imbang tak berubah, sehingga laga mesti dilanjutkan ke babak adu penalti.

 

Di babak tos-tosan, Indonesia bisa unggul atas Myanmar dengan skor 5-4. Satu penendang Myanmar, Shine Wana Aung, gagal menceploskan bola usai arah tembakannya bisa terbaca Andrika Fathur.

 

Indonesia akhirnya bisa melaju ke final Piala AFF U-16 2022, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022). Lawan Indonesia adalah Vietnam, yang sebelumnya menyingkirkan Thailand lewat kemenangan 2-0.

 

Jalannya Pertandingan

 

Melawan Myanmar, Timnas Indonesia U-16 masih mengandalkan duet Nabil Asyura-Arkha Kaka. Keduanya cukup merepotkan barisan belakang lawan. Beberapa peluang bisa ditebar Kaka. Namun, disiplinnya lini belakang Myanmar membuat gawang lawan belum bisa dijebol.

 

Sebaliknya, Myanmar cuma mengandalkan serangan balik cepat. Duet penyerang Shine Wanna Aung dan Kaung Htet juga bisa membuat barisan belakang Indonesia beberapa kali kerepotan.

 

Menit ke-39, sundulan bisa dilakukan Kaka, memanfaatkan sepak pojok. Bolanya masih menyamping ke sisi kanan gawang Myanmar. Masih gagal peluang Indonesia.

 

Pada menit ke-43, gawang Indonesia justru kebobolan. Kesalahan komunikasi di lini belakang, membuat kiper Andhika Fathur dan bek Indonesia berusaha berebut menghalau bola. Bola liar kemudian mendarat di kaki Nay Min Htet, yang tak terkawal, dan dengan mudah memasukkan bola ke gawang. Myanmar unggul 1-0, yang bertahan sampai jeda.

 

Babak kedua dimulai, Indonesia membuat dua pergantian. Habil Abdillah diganti Ridho Al Ikhsan, dan Narendra Tegar yang digantikan Figo Dennis Saputrananto. Pasukan Bima Sakti langsung menekan Myanmar.

 

Beberapa kali situasi corner dihasilkan Indonesia lewat sejumlah tekanan. Namun, tak ada yang bisa berbuah gol karena rapatnya lini belakang Myanmar.

 

Terus menekan, Indonesia akhirnya bisa mendapat gol penyeimbang di menit ke-69. Riski Afrisal yang menjebol gawang Myanmar, lewat sebuah tendangan bebas di depan kotak penalti. Sepakannya langsung mengirim bola bersarang ke gawang Sai Thi Ha Nang. Skor menjadi 1-1.

 

Skor imbang membuat laga berjalan ketat. Indonesia yang bersemangat menggempur Myanmar, yang mulai keteteran. Situasi berbahaya sempat diciptakan Indonesia, yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

 

Pada menit ke-87, sebuah peluang emas didapat Indonesia. Nabil Asyura bisa membuat tendangan akrobatik saat meneruskan umpan lambung, namun bolanya masih membentur mistar atas gawang Myanmar. Laga akhirnya bertahan dengan skor 1-1, dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

 

Di babak adu penalti, Indonesia bisa unggul 5-4 atas Myanmar, usai satu penendang lawan yakni Shine Wanna Aung gagal menceploskan bola ke gawang Indonesia. Tuan rumah akhirnya menang 5-4 dan maju ke final.

 

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam di babak puncak. Laga final Piala AFF U-16 2022 akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022).

 

Susunan Pemain

 

Timnas Indonesia U-16: Andrika Fathur, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah [Ridho Al Ikhsan 46'], M Iqbal Gwijangge (C), Muhammad Kafiatur, Narendra Tegar [Figo Dennis 46'], Muhammad Sultan Akbar [Achmad Zidan 63'], M Riski Afrisal, Muhammad Nabil Asyura, Arkhan Kaka Putra Purwanto

 

Timnas Myanmar U-16: Sai Thi Ha Nang, Thura Zaw, Myat Phone Khant, Htoo Wai Yan, Li Htet Oo (C), Aung Zaw Myo, Khon Cho Hoo, Nay Min Htet [Saw Myo Zaw 57'], Han Tun Zaw, Shine Wanna Aung, Kaung Htet.(*)

 

Sumber: detik.com/Yanu Arifin

Editor: Fatimah M.

Article Lainnya


Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

Sejumlah Sekolah di Bontang Keluhkan Sapras yang Tidak Layak Pakai, Ini Tanggapan Dewan

BONTANG - Sejumlah sekolah di Bontang hingga kini masih mengeluhkan banyaknya sarana prasarana (sapr...

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

Rencana Pemkot Bontang Beri Penghargaan Pahlawan, DPRD Sambut Positif

BONTANG-- Rencana Pemerintah Kota Bontang yang berencana memberi penghargaan kepada tim sebelas pemr...

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

Bakhtiar Wakkang Minta UPT Maksimalkan Fungsi Pelayanan ke Pedagang Pasar Tamrin

BONTANG - Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar...

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

Agus Haris: Revisi RTRW Bontang Berdampak Pengembangan Investasi Industri

BONTANG---- Menyambut pemindahan Ibu kota negara (IKN Nusantara) ke Kalimantan Timur Wakil Ketua DPR...

JELAJAH