Kembali ke Artikel
Ikigai : 4 Langkah Memintal Bahagia sumber gambar : unsplash
10 Oct/2020

Ikigai : 4 Langkah Memintal Bahagia

10 Oct 2020 Cara (life hacks) Gaya

Ikigai ditulis dengan huruf katakana, adalah sebuah kata yang menggabungkan kata “kehidupan” dan kata “menjadi berharga”. dalam terjemahan bebas bahasa inggris disebut sebagai “a reason being”.

 

singkatnya, Ikigai adalah sebuah konsep bahagia di mana apa yang kita sukai, apa yang kita bisa, apa yang dunia butuhkan dan ketiga hal tersebut dikunci dengan fakta kita dibayar untuk itu semua. Ikigai adalah kesukaan, keahlian, kebutuhan dunia dan uang bertemu di muara yang sama.

 

Ikigai memaksa kita kembali mengingat fakta bahwa hidup bukan hanya tentang cara, tetapi juga makna.

 

dalam bukunya yang berjudul Ikigai ; The Japanese Secret to a Long and Happy Life, Hector Gracia dan Francesc Miralles menyimpulkan bahwa Ikigai adalah sebuah cara menuju umur panjang, selalu antusias setiap kali membuka mata di pagi hari dan cara untuk sehat secara fisik dan mental paling substantif, dan tentu saja, menjadi bahagia.

 

Terlepas dari segala tujuannya, hal yang sama penting selain ikigai adalah flow.

 

seperti dikemukakan Mihaly Csikszentmihalyi dalam bukunya Flow : The Psychology of Optimal Experience, “flow” adalah keadaan saat seseorang begitu tertarik pada suatu aktivitas sehingga tidak ada hal lain yang tampak penting. pengalaman itu sangat menyenangkan sehingga banyak orang bersedia membayar mahal, sekedar agar bisa melakukannya lagi.

 

bukan hanya para profesional kreatif yang memerlukan konsentrasi tinggi agar bisa meraih flow. sebagian besar atlet, pemain catur, dan insinyur juga menghabiskan banyak waktu mereka untuk melakukan aktivitas yang membawa mereka ke kondisi flow.

 

ikigai yang melebur dalam flow di Jepang sangat terlihat dari para takumi.

 

Toyota masih terus mempekerjakan pengrajin yang mampu membuat sekrup jenis tertentu dengan tangan. takumi, atau seseorang yang ahli dalam keterampilan manual tertentu, sangat penting bagi Toyota dan mereka sulit untuk digantikan. beberapa dari mereka adalah satu - satunya orang yang tahu cara melakukan keahlian mereka, dan sepertinya tidak ada generasi baru yang akan mewarisi keahlian mereka.

 

Takumi lain berasal dari kota Kumano. dalam sebuah ruangan kecil yang penuh dengan jendela, terpisah dari bangunan pabrik kuas make up paling terkenal di Barat, adalah seorang wanita yang mengenakan topeng. hanya matanya yang terlihat dan ia begitu fokus memilih bulu untuk merangkai kuas make up-nya. dengan anggun ia menggerakkan jari tangan, menggunakan gunting dan sisir untuk menyortir bulu - bulu itu. gerakannya begitu cepat sehingga sulit untuk mengatakan apa yang sedang dilakukannya. tangannya menari dan mengalir bersama dengan alat dan bulu yang sedang ia sortir.

 

ketika disapa, kilau mata dan keceriaan menular dari kata - katanya, ia tampak bahagia dan bangga membicarakan pekerjaan dan tanggung jawabnya.

 

Takumi ini adalah salah satu orang terpenting di perusahaan kuas make up terkenal itu. meski ia disembunyikan di gedung terpisah, setiap bulu dari setiap kuas yang dibuat oleh perusahaan harus melewati tangannya.

 

ikigai yang melebur dalam flow, seni bahagia dari kesederhanaan dan perhatian terhadap detail.

 

 

Penulis : Fatimah Fauzan

Editor : Umil Surya

Article Lainnya


Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Tiga Rahasia Kelemahan kita Disertai Tips Mengatasinya

Inway # 135 Oleh : Rusmiati Indrayani (Indrayani Indra) Masa perkuliahan semester ...

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

Ratusan Polisi di Bontang Jalani Tes Narkoba Mendadak, Apa Hasilnya?

PARADASE.id - Sebanyak 242 anggota Polres Bontang menjalani tes urin dadakan, sebagai tindak lanjut ...

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

Sudah 150 Nakes Bontang Terpapar Covid-19, Terdesak Kekurangan Personel

PARADASE.id - Sekitar 150 tenaga kesehatan (nakes) di Bontang terkonfirmasi positif selama masa pand...

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

Mantan Berulah, Pukul Pujaan Hati Karena Tak Dikasih Kata Kunci HP

PARADASE.id - Polres Bontang mengamankan ZN (20 tahun) akibat penganiayaan yang dilakukan kepada puj...

JELAJAH