Kembali ke Artikel
Grit : Riset Tentang Ketabahan yang Dibukukan sumber gambar : The Story Bookstore
13 Sep/2020

Grit : Riset Tentang Ketabahan yang Dibukukan

13 Sep 2020 Buku Gaya

PARADASE.id - Tidak sedikit hasil riset peneliti negeri Paman Sam yang dibukukan. Buku ini mungkin hanya salah satu diantaranya. Namun, topik pengembangan diri memang seksi untuk dibeli, karena topik penelitian ini selalu membuat pembacanya berkaca ke dalam diri. Introspeksi sekaligus mengenali diri sendiri.

 

Buku ini adalah pondasi terbaik mengenali diri sendiri dan belajar lebih jauh mengenai konsep "grit". Buku ini bahkan memberikan 65 lembar khusus memuat daftar referensi buku, jurnal, dan publikasi - publikasi terkait topik grit.

 

Grit : The Power of Passion and Preseverance adalah karya pertama Angela Duckworth yang dibukukan. Buku ini merangkum segala hal yang Angela pelajari tentang grit. Menariknya, buku ini menempati daftar teratas buku terlaris The New York Times selama lebih dari dua puluh minggu. Membaca buku ini dalam versi bahasa aslinya memang lebih nyaman dan meminimalisir lost of translation. Namun membaca dalam edisi terjemahan berbahasa Indonesia juga tidak buruk.

 

Apa Itu Grit dan Siapa Angela Duckworth

 

Angela Duckworth adalah professor psikologi dengan spesialisasi grit dan pengendalian diri di University of Pennsylvania. Angela tumbuh dewasa dengan kata jenius. Bukan dalam konteks yang baik. Kebetulan sang ayah adalah seorang peneliti ternama dalam topik bakat dan kejeniusan. Ia selalu dianggap tidak jenius oleh ayahnya. Begitu pula kakak dan adiknya.

 

Terang saja Angela dan saudara - saudaranya tidak dianggap jenius, karena bench mark jenius menurut ayah mereka adalah Albert Einstein. Dalam pandangan Angela, ungkapan tidak jenius ini merupakan kekhawatiran ayahnya. Dalam hemat sang ayah kendala intelektual Angela dan saudara - saudaranya akan membatasi pencapaian mereka dalam hidup.

 

Suatu hari Angela dinobatkan sebagai penerima beasiswa “MacArthur”. Beasiswa bergengsi yang disebut - sebut sebagai “hibah untuk sang jenius”. Ironis memang, seorang anak perempuan yang berulang kali diberitahu bahwa ia tidak jenius memenangkan hadiah karena ia jenius. Kala itu respon sang ayah adalah “Ayah Bangga Padamu”.

 

Angela memenangkan MacArthur karena temuan penelitiannya bahwa ternyata apa yang akhirnya seseorang capai lebih dipengaruhi oleh “grit” daripada bakat bawaan. Fakta ilmiah bahwa “grit” dapat tumbuh dan berubah. Angela juga menemukan suatu bentuk pemodelan bagaimana menumbuhkan “grit” dalam diri seseorang. setelah penghargaan itu, tidak sedikitpun Angela ingin mengungkit masa lalu. Ia tahu ayahnya mencintainya dan memang bangga padanya.

 

Grit diartikan sebagai kombinasi ciamik antara passion dan kegigihan. Melakukan sesuatu dengan cinta dan kesabaran. Tidak menyerah jika bertemu halangan. Kombinasi yang membuat orang - orang berprestasi tinggi menjadi istimewa, yang dalam ungkapan kata : grit adalah ketabahan.

 

Pelukan Hangat dan Standar Tinggi tidak Bekerja Sendiri-sendiri.

 

Buku ini mengungkapkan ternyata orangtua dan gaya mendidik ikut ambil bagian dalam ketabahan seseorang. Terungkap fakta faktor pengasuhan terbaik dalam proses menumbuhkan ketabahan adalah melalui cinta yang kuat. Menariknya, cinta yang kuat diimplementasikan pada apa yang disebut “pengasuhan bijaksana”, yaitu model pengasuhan yang mendukung sekaligus menuntut sama besar. Mendukung seratus persen, menuntut seratus persen.

 

Mendukung dibuktikan melalui tindakan - tindakan seperti : menjadi orangtua yang dapat diandalkan untuk membantu jika anak mendapat masalah, mengalokasikan waktu untuk membangun komunikasi dengan anak, serta percaya bahwa anak berhak memiliki sudut pandang dan privasi sendiri. Menuntut dapat diaplikasikan dalam bentuk : menunjukkan kepada anak cara melakukan sesuatu secara lebih baik, menegaskan pada anak untuk mematuhi peraturan keluarga, dan memberi pengertian yang jelas kepada anak bahwa orangtua mengharapkan anak melakukan yang terbaik meskipun itu sulit.

 

Sehingga anak tumbuh dewasa dengan dukungan, respek, dan standar tinggi. Pengasuhan yang bijaksana mendorong anak untuk meniru orangtuanya. Mereka tidak perlu mencontoh orang lain, karena bawah sadarnya menyadari orangtuanyalah contoh terbaik.

 

Dalam buku ini pula Angela bercerita psikolog Larry Steinberg dalam pidato kepresidenan di tahun 2001, mengungkapkan bahwa studi yang dirancang dengan cermat selama empat puluh tahun terakhir menemukan bahwa anak - anak dari orangtua yang bijak secara psikologis, berprestasi lebih baik daripada anak - anak yang dibesarkan di jenis rumah tangga lain. Secara spesifik di hadapan Society of Research on Adolescent Larry memaparkan salah satu studinya. Sekitar sepuluh ribu remaja Amerika mengisi kuisioner tentang perilaku orangtua mereka, tanpa memperhatikan jenis kelamin, suku, ras, kelas sosial, atau status pernikahan orangtua. Hasilnya terungkap bahwa remaja yang memiliki orangtua yang hangat, sopan, dan menuntut meraih nilai lebih tinggi di sekolah, cenderung lebih mandiri dan tidak mengalami banyak kegelisahan dan depresi. Serta remaja - remaja ini memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terlibat dalam tindak kejahatan remaja. Pola yang sama terus terulang di seluruh negara objek studi pada setiap tahap perkembangan anak.

 

Ketabahan : Konsisten Mencintai Apapun yang Terjadi

 

Penyakit orang muda, juga sebagian mereka yang berumur adalah tidak setia. Ketika terjadi rintangan, atau merasa menemukan sesuatu yang “lebih saya”, lantas ingin segera berpindah. Meninggalkan setia sebagai bagian dari proses. Hal ini terjadi dalam segala aspek. Bisa jadi tugas, tempat tinggal, tanggungjawab, karier, bahkan hubungan relasi.

 

Antusiasme itu umum. Daya tahan itu langka. Itulah mengapa “grit” alias ketabahan adalah barang langka. Kelangkaan inilah yang menjadi logis jika dihubungkan dengan rahasia sukses. Tidak banyak yang bisa dan ingin bertahan dalam situasi sulit, semua ingin segera keluar dari situasi tersebut. Entah itu dengan menambah value, memotong jalan dengan sistem baru, ataupun jalan pintas hasil kreativitas.

 

Ketabahan dideskripsikan sebagai perjalanan berliku, sulit, mematahkan semangat dan terkadang menakutkan. Namun bertahan, konsisten mencintai apapun yang terjadi akan mengantarkan kita berada di tempat persis seperti yang kita inginkan. Hasil manis dari upaya mempertahankan cita - cita level puncak yang sama selama jangka waktu yang sangat panjang. Hasil dari kekuatan kegigihan, keuletan dan tekad kuat.

 

Ketabahan tumbuh saat kita mencari falsafah hidup kita. Belajar untuk bangkit kembali setelah mengalami penolakan dan kekecewaan dan belajar membedakan cita - cita level rendah yang harus segera ditinggalkan serta cita cita level tinggi yang menuntut keuletan. Orang tabah pasti pernah kecewa, bahkan patah hati, tapi tidak lama. mereka bangkit dengan mantra sederhana : improvisasi, adaptasi, atasi.

 

Dalam buku ini pula Angela menuturkan, jika boleh kembali ke masa kecil ia ingin berkata kepada ayahnya : Ayah, saya akan tumbuh dewasa dengan perasaan cinta pada pekerjaan saya sebagaimana Ayah mencintai pekerjaan Ayah. Saya akan menantang diri saya setiap hari. Bila terpukul roboh, saya akan bangkit kembali. Saya memang bukan yang paling pintar, tapi saya akan berjuang untuk menjadi yang paling tabah dan dalam jangka panjang, ketabahan mungkin lebih penting daripada bakat. (*)

 

 

Penulis : Faizah Riffat Ma'rifah

Editor : Umil Surya

Article Lainnya


Diary of Auckland : Meet The Heroine

Diary of Auckland : Meet The Heroine

Menjadi berbeda pun, Tuhan beri jalannya.... Nun jauh di negeri kiwi sana. seseorang mengan...

PAD Kian Susut di Tengah Laju Ancaman Corona di Bontang

PAD Kian Susut di Tengah Laju Ancaman Corona di Bontang

PARADASE.id -Lesunya sendi-sendi perekonomian akibat pandemi, tentunya berdampak pada penurunan Pend...

Pomodoro

Pomodoro

Inway #115 Selamat Hari Ulang Tahun Si Kembar. Tulisan ini terlambat. Seharusnya t...

Hari Pertama Bertugas, Pjs Wali Kota Bontang Riza Kumpulkan Kadis, Camat dan Lurah

Hari Pertama Bertugas, Pjs Wali Kota Bontang Riza Kumpulkan Kadis, Camat dan Lurah

PARADASE.id - Riza Indra Riadi mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat da...

JELAJAH