Kembali ke Artikel
Cara Terbaik Menikmati New Zealad : Road Trip dengan Campervan dokumentasi pribadi
05 Mar/2021

Cara Terbaik Menikmati New Zealad : Road Trip dengan Campervan

jika ditanya dua kata tentang alam New Zealand, maka jawabannya adalah danau dan gletser.

gunung, danau, gletser, tumbuhan lupin liar, dan tidak adanya hewan buas menjadikan New Zealand menyandang predikat The Most Naturally Beautiful and Safest Country in The World. sehingga, mengunjungi New Zealand haruslah ditujukan untuk menikmati keindahan alamnya.

bagaimana cara terbaik untuk menikmati alam New Zealand ? jawaban saya sudah jelas : road trip dengan campervan !

enam hari. 15.952 kilometer. Christchurch - Lake Tekapo - Wanaka - Arrowtown - Franz Joseff Glacier - Moana - Christchurch. plus dua hari perjalanan Auckland - Christchurch dan Christchurch - Auckland.

semua dimulai dengan perjalanan via udara pada Oktober 2020. kami terbang dari Auckland (tempat kami tinggal) menuju Christchurch, penerbangan dilalui selama satu jam tiga puluh menit. sesampainya di Christchurch kami menginap dahulu di hotel. ini perlu dilakukan karena walau bagaimanapun juga, road trip adalah perjalanan yang sangat menguras fisik. selain untuk mempersiapkan fisik dan mendapat istirahat cukup, kami memakai kesempatan ini untuk memindahkan baju - baju yang ada di koper ke dalam soft bag untuk dibawa ke campervan.

sebelum memulai perjalanan dengan campervan, kami sempat jalan - jalan di Kota Christchurch. mengunjungi daerah sekitar hotel tempat kami menginap dan menemukan Indonesian Food Truck. senangnya !. saya pesan pangsit dan ayam goreng. penjualnya adalah orang Indonesia asli Jakarta dan sudah empat tahun menetap di Christchurch. hehe yang beli juga orang Indonesia asal Samarinda yang sudah menetap lima tahun di Auckland. kami lalu mengunjungi Christchurch Botanical Garden yang membuat Christchurch dijuluki sebagai Garden City. mengunjungi Cookie Time, pabrik biskuit terenak di New Zealand. serta menyempatkan diri untuk mengunjungi Avon River.

Ini dia Perjalanan dengan Campervan Kami :

kami start dari middle east. hari pertama berangkat dari Christchurch menuju Lake Tekapo. kami ambil campervan jam 10 pagi lalu ke supermarket dan memulai perjalanan melalui Burkess's Pass yang sangat indah. di perjalanan ini kami melewati Fairlie, kota kecil setelah Kota Geraldine. di Fairlie ini best fruit pie in New Zealand berada. perjalanan hari pertama berakhir di Lake Tekapo.  di sini kami menginap di holiday park nya dengan biaya 50 dollar. keesokan harinya kami sarapan dengan view Church of The Good Sheperd. the most photographed church in New Zealand

hari kedua perjalanan dilanjutkan melewati Mt Cook dan Lake Pukaki menuju Wanaka. Kota Wanaka ini memiliki crepes terenak : Charlie Brown namanya. malamnya kami menginap di holiday park lagi dengan biaya 45 dollar. terus terang holiday park di Wanaka ini adalah yang terseram dari semua holiday park dimana kami menginap. namun sekaligus menjadi holiday park yangmemberikan pemandangan matahari terbit paling indah yang pernah kami lihat.

oh iya, Wanaka ini teramat istimewa. di Lake Wanaka, ada pohon ikonik yang amat sangat terkenal. The Wanaka Tree atau The Lonely Tree namanya. saking terkenalnya, pohon ini memiliki hashtag dan tag location sendiri di instagram (#ThatWanakaTree). lepas dari Lake Wanaka, kami ke Puzzling World Wanaka. bagi yang suka teka - teki, harus banget deh main ke sini. banyak sekali jenis puzzle disini.

hari ketiga kami lanjut dari Wanaka menuju Arrowtown dan menginap lagi di holiday park. Arrowtown ini adalah kota kecil nan cantik sebelum Queenstown. tidak banyak yang bisa diceritakan tentang kota ini. namun, holiday park di sini adalah favorit saya.

hari berikutnya kami bergerak dari Arrowtown melintasi Arthur's Pass dan melewati kota tambang tua super unik bernama Cardrona dan Lake Matheson menuju Franz Joseff. Franz Joseff adalah kota kecil yang cukup menyenangkan. perjalanan kami lumayan lama (6 jam an) dengan tujuan Franz Joseff Glacier. di sini kami bermalam di holiday park juga. surprisingly di Franz Joseff Glacier ini kami diberi Allah kesempatan untuk menaiki helicopter dan mendarat di salju. cerita lengkapnya sudah pernah diceritakan Faizah di sini.

hari kelima perjalanan kami dar Franz Joseff berlanjut menuju Moana. di kota ini ada Lake Pearson dan Lake Brunner yang, meski tidak se terkenal Lake Tekapo namun tidak kalah indahnya. kami juga menginap di holiday park nya dengan biaya 40 dollar.

hari terakhir, kami kembali ke Christchurch dari Moana. mengisi bensin, mengisi gas LPG, dan mengembalikan campervan. Bapak Church juga shalat di Masjid Al - Noor tempat Christchurch attack terjadi. lalu kami kembali ke hotel, menginap semalam dan keesokan harinya kembali terbang ke Auckland.

New Zealad adalah negara yang indah. perjalanan kami sedikit banyak disponsori oleh COVID-19 yang membuat segala item di perjalanan ini mendapat diskon lebih dari 50%. seperti harga sewa campervan dan tiket untuk atraksi. namun jauh di lubuk hati, kami berdoa semoga pandemi ini segera hilang dari bumi dan kehidupan bisa normal kembali.

akhir kata, semoga tulisan ini menjadi gambaran bagi kamu yang berkeinginan menjelajahi New Zealand khususnya South Island dan semoga tulisan ini menjadi doa bagi kamu yang membacanya.

Cerita : Nurul Kasyfita

Narator : Faizah Riffat

Editor : Ahmad Fuad

Seri : Diary of Auckland

Article Lainnya

Kemenag Atur Skema Haji Jika Kuota Dibatasi

PARADASE.id - Kementerian Agama optimistis penyelenggaraan Haji 2021 tetap terbuka meski dengan pemb...

Pengurus Pemuda Muhammadiyah Bontang Resmi Dilantik

PARADASE.id - Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Timur melantik pengu...

Membludak, Dishub Bontang Tambah Kapasitas Penumpang KM Egon

PARADASE.id - Kapal penumpang KM Egon yang dijadwalkan berlayar dari Pelabuhan Lok Tuan menuju Pare-...

Andi Faizal Pastikan Turnamen E-Sport DPRD Bontang Cup Digelar Tahun Ini

PARADASE.id - Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam memastikan turnamen E-sport DPRD Cup ...