Kembali ke Artikel
Belajar dari Rumah Resmi Diberlakukan di Bontang Walikota Bontang saat memberikan sambutan (sebelum meresmikan launching BDR). (Foto : Aji Sapta Dian Abdi)
06 Aug/2020

Belajar dari Rumah Resmi Diberlakukan di Bontang

06 Aug 2020 Berita Terkini

PARADASE.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang meluncurkan program “Belajar dari Rumah” alias (BDR). Launching BDR yang diikuti 159 guru PAUD se-Kota Bontang itu digelar di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Jln. Awang Long, Rabu (5/8/2020). 

 

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengatakan, secara garis besar BDR merupakan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui media televisi pada salahsatu saluran TV lokal di Kota Bontang.

 

 “Dengan dilakukannya pembelajaran dari rumah tentu ini sangat membantu untuk memutus mata rantai Covid-19 mengingat wabah ini tiak bisa dianggap remeh,” ujarnya.

 

Neni menilai, langkah ini diambil mengingat saat ini angka kasus Corona di Indonesia telah melampaui Cina di mana tempat asal muasalnya virus tersebut, yang dalam dua hari terakhir tercatat 83 ribu kasus sedangkan di Indonesia ada 113 ribu kasus yang tercatat. 

 

“InsyaAllah anak-anak akan Bahagia dengan metode pembelajaran melalui televisi karena akan ada banyak inovasi nantinya.Untuk orang tua dan anak-anak mari tetap semangat,” ujarnya.

 

Neni juga mengungkapkan belum bisa memastikan jangka waktu pelaksanaan BDR. Situasi perkembangan penanganan virus corona serta keputusan pemerintah pusat disebut menjadi landasan pelaksanaan BDR. 

 

“Pembelajaran secara tatap muka itu masih belum boleh karena bahaya. Bunda juga minta kepada  Kepala Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi dan menegur jika masih ada PAUD yang melakukan pembelajaran tatap muka karena jangan sampai nantinya ada klaster anak-anak. Karena anak-anak tidak mengerti apa yang terjadi saat ini, kan kasian kalau sampai terjadi klaster PAUD,” tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Anak Usai Dini (HimPAUd) Bontang Puji Astuti menyampaikan satu minggu pembelajaran di rumah akan tayang sebanyak lima kali. Pembelajaran akan berlangsung selama satu jam penuh dengan jam tayang pukul 17.00 hingga 18.00 wita. 

 

“Tayangnya Senin hingga Jumat,” pungkasnya.

 

Disinggung soal pelanggaran yang masih ada terjadi pada PAUD, dirinya menyebut jika hal tersebut tentunya telah menyalahi aturan yang telah ditetapkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

“Tentunya itu tidak legal. Karena secara resmi telah diumumkan untuk pembelajaran TK/PAUD harus dilakukan pembelajaran dari rumah sesuai SK yang telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang,” katanya.

 

Perihal banyaknya keluhan orangtua terkait tak adanya kompensasi biaya sekolah, Puji mengatakan kebijakan itu kembali pada manajemen sekolah atau yayasan. Sejumlah sekolah diketahui membebaskan atau memotong separuh biaya sekolah. Sementara ia menilai pihaknya tak berwenang mengatur ketentuan tersebut.

 

“Kebijakan kembali kepada orang tua murid jika memang sekolah tersebut dirasa mahal maka orang tua murid bisa untuk memilih mencari sekolah yang lain,” tutupnya. (*)



Penulis : Aji Sapta Dian Abdi

Editor   : Umil Surya

Article Lainnya


113 Anggota Polda Kaltim Terpapar Corona, 7 Meninggal Dunia

113 Anggota Polda Kaltim Terpapar Corona, 7 Meninggal Dunia

PARADASE.id - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menyatakan saat ini ada sebanyak 113 anggotanya yan...

KPK Ingatkan Cakada Hindari Praktik Korupsi Pilkada

KPK Ingatkan Cakada Hindari Praktik Korupsi Pilkada

PARADASE.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan para calon kepala daerah (cakada) yang...

Implementasi Nasional e-Faktur 3.0 Mulai Besok, Ini Kata Dirjen Pajak

Implementasi Nasional e-Faktur 3.0 Mulai Besok, Ini Kata Dirjen Pajak

PARADASE.id - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan mulai mengimplementasikan e-...

Semua Bank Bisa Layani Tukar Uang Baru Rp75 Ribu Besok

Semua Bank Bisa Layani Tukar Uang Baru Rp75 Ribu Besok

PARADASE.id - Bank Indonesia (BI) memperluas akses penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Ta...

JELAJAH