Kembali ke Artikel
Bagus Menuju Hebat : Penelitian Transformasi Perusahaan sumber gambar : shopee
14 Nov/2020

Bagus Menuju Hebat : Penelitian Transformasi Perusahaan

14 Nov 2020 Buku Gaya

ini adalah karya fenomenal dari dua puluh orang peneliti yang merupakan para mahasiswa terbaik pascasarjana University of Colorado Graduate School of Business di bawah pimpinan Jim Collins. 

 

mereka semua mengabdikan diri selama lima tahun untuk memecah - mecah masalah rumit menjadi kesederhanaan yang bermanfaat. melakukan upaya penelitian untuk menelusuri mekanisme kerja internal perjalanan perusahaan dari semula adalah perusahaan bagus menjadi perusahaan hebat. hasilnya memang ada sejumlah variabel dasar yang memungkinkan sebuah perusahaan melakukan lompatan dari semula adalah perusahaan bagus menjadi perusahaan hebat.

 

yang menarik adalah mereka membangun konsep dengan membuat deduksi empiris secara langsung dari data. mereka tidak memulai penelitian ini dengan suatu teori untuk diuji atau dibuktikan. mereka berusaha membangun satu teori dari bawah ke atas yang diambil langsung dari bukti yang ada. berbeda dengan penelitian pada umumnya yang data lapangan diturunkan menjadi teori tertentu. kira - kira inilah yang menyebabkan penjualan buku ini terjual lebih dari dua juta eksemplar.

 

Metodologi Penelitian

 

pertama - tama yang dilakukan adalah melakukan identifikasi perusahaan - perusahaan yang memiliki lompatan dari hasil yang baik ke hasil yang hebat seraya mempertahankan hasil tersebut selama setidaknya 15 tahun. kemudian perusahaan ini dibandingkan dengan perusahaan yang gagal membuat lompatan, atau jika berhasil membuat lompatan gagal mempertahankan hasil hebat yang mereka capai. perbandingan itu bertujuan untuk menemukan faktor pembeda dan esensial yang bekerja. inti dari identifikasi ini adalah proses sistematis mengontraskan contoh - contoh bagus ke hebat dengan pembandingnya seraya terus berkata “apa yang berbeda” ?   

 

proses ini melibatkan apa yang disebut “analisis finansial tersulit yang pernah mereka lakukan”. fokus penelitian ini adalah tentang pertanyaan spesifik bagaimana mengubah organisasi bagus menjadi organisasi yang membuahkan hasil hebat secara terus menerus. 

 

siapa yang mengira dalam tahap identifikasi ini terkuak fakta Fannie Mae mengalahkan perusahaan sekelas General Electric dan Coca Cola ? siapa sangka Walgreens bisa mengalahkan Intel ? artinya tidaklah mustahil melakukan perubahan dari bagus ke hebat dalam situasi sesulit apapun. 

 

kerangka kerjanya merupakan proses berulang dari menyerap bongkahan informasi acak, melihat pola, dan mencari keteraturan dari kekacauan yang ada dan melarikannya ke konsep. 

 

dari langkah maju - mundur, membangun ide, kemudian mengujinya berdasarkan data. merevisi ide - ide yang ada, membangun kerangka kerja, melihat kerangka kerja itu patah oleh bukti, dan membangun kembali kerangka baru. proses ini dilakukan secara berulang hingga segalanya sesuatu tersusun rapi dalam konsep kerangka kerja yang padu. 

 

Hasil

 

dari hasil membaca dan secara sistematis mengklasifikasikan hampir 6000 artikel, 2000 lebih transkrip wawancara, dan 384 juta byte data wawancara dengan kerangka kerja di atas, inilah variabel dasar yang membuat perusahaan hebat berbeda dengan perusahaan bagus :

 

kepemimpinan. dibandingkan dengan pemimpin high profile dengan karakter memukau hingga masuk ke media dan menjadi selebritas, tampaknya pimpinan perusahaan yang sukses melalui lompatan dari bagus ke hebat datang dari Planet Mars. mereka cenderung tidak menonjolkan diri, pendiam, menahan diri, bahkan pemalu. para pemimpin racikan paradoksal antara kerendahan hati pribadi dan tekad profesional.

 

hipotesa awal adalah para pemimpin perusahan bagus ke hebat ini berangkat dari mematok visi dan strategi baru di awal kepemimpinan mereka. ternyata mereka justru menjadi “tukang sapu” di awal. menempatkan orang yang tepat. mendepak orang yang tidak cocok. kemudian mencari tahu ke arah mana sumber daya manusia ini akan diarahkan. kuncinya adalah orang yang tepat di posisi yang tepat. 

 

paradoks stockdale. para pemimpin perusahaan bagus ke hebat ini berhasil mepertahankan keyakinan bahwa mereka akan menang pada akhirnya, terlepas dari apapun kesulitannya. dan pada saat yang sama berhadapan dengan situasi terbrutal dari realita. mereka bertahan sekaligus berhasil mengatasi kesulitan tersebut.

 

konsep landak. ini tentang penguasaan core bisnis. ada tiga lingkaran yang saling beririsan : apa bidang dimana perusahaan bisa menjadi yang terbaik di dunia. apa bidang dimana pimpinan perusahaannya memiliki kemampuan terbaik. dan dimana sumber pendapatan paling optimal. tiga lingkaran ini harus terjawab kemudian disederhanakan menjadi satu konsep yang mencerminkan pemahaman mendalam.

 

budaya disiplin. konsepnya sederhana. jika perusahaan memiliki orang - orang disiplin maka tidak perlu lagi ada hierarki. jika perusahaan memiliki orang - orang dengan pikiran disiplin, maka tidak perlu ada lagi birokrasi. jika perusahaan memiliki orang - orang dengan tindakan disiplin, maka tidak perlu ada lagi kontrol berlebihan. jika budaya disiplin ini dikawinkan dengan etos kewirausahaan, maka inilah racikan ajaib kinerja hebat.

 

Akselerator teknologi. perusahaan yang berhasil melalui lompatan bagus ke hebat berpikir secara berbeda soal peran teknologi. mereka tidak pernah menggunakan teknologi sebagai sarana utama memacu transformasi. namun paradoksnya, mereka merupakan perintis dalam penerapan teknologi yang dipilih secara cermat. fakta terkuak bahwa teknologi tidak pernah menjadi sebab utama bagi kejayaan atau kemunduran. konsep dari perusahaan dalam transformasi lah yang menentukan.

 

konsistensi bergerak dalam power yang sama. orang - orang yang meluncurkan revolusi, program perubahan dramatis, dan restrukturisasi radikal hampir pasti gagal membuat lompatan perusahaan dari bagus ke hebat. tidak peduli seberapa dramatis hasil akhirnya, transformasi dari bagus ke hebat tidak pernah terjadi dalam satu sapuan waktu saja. tidak ada satu tindakan penentu, program besar, inovasi dahsyat, terobosan keberuntungan tunggal atau momen ajaib. yang ada hanyalah proses yang mirip roda gaya (flywheel) dan secara terus menerus mendorong roda gaya raksasa menuju satu arah. langkah itu dilakukan demi membangun momentum sampai akhirnya mencapai satu titik terobosan. 

 

Kesimpulan

 

perusahaan yang berhasil melakukan lompatan dari semula adalah perusahaan bagus kemudian menjadi perusahaan hebat ada pada pola transformasi kinerja internal. dipimpin oleh pemimpin yang paham membaca situasi dengan beberapa perspektif. pemimpin ini mampu menangkap gambaran perusahaan yang ia pimpin setidaknya dari tiga perspektif. perspektif sisi internal perusahaan (bagaimana orang - orang di dalam perusahaan melihat ke luar), dari sisi internal sumber penghasilan (bagaimana klien atau pemberi kerja melihat perusahaan yang ia pimpin, dan dari eksternal perusahaan (bagaimana kompetitor melihat sejauh mana perusahaan yang ia pimpin sudah membangun track record). tiga perspektif ini berhasil ia identifikasi kemudian ditarik benang merahnya atas situasi perusahaan saat ini. kemudian data tersebut dikawinkan dengan tiga titik utama kekuatan perusahaan (bidang terbaik, leader's skill terbaik, revenue stream terbesar) dan dirancanglah transformasi soft power yang mengubah pola kinerja perusahaan ini secara bertahap dalam persistensi dan konsistensi meyakinkan.

 

setiap perusahaan, tidak peduli seberapa hebatnya, pasti mengalami masa - masa sulit. tidak ada perusahaan hebat lestari yang memiliki catatan sempurna tak ternoda. mereka semua mengalami pasang surut. faktor pentingnya bukanlah ketiadaan kesulitan, melainkan kemampuan untuk bangkit dalam keadaan lebih kuat. 

 

Robert Burgelman, dosen Stanford Business School mengatakan “satu - satunya bahaya terbesar dalam bisnis dan kehidupan, selain dari kegagalan total adalah menjadi sukses tanpa tahu pasti mengapa anda bisa sukses pada awalnya”.

 

inilah yang membuat banyak perusahaan gagal dalam melakukan lompatan. sehingga hanya bertahan menjadi perusahaan bagus tanpa pernah bertahan menjadi perusahaan hebat. bias legacy mengaburkan apa faktor kunci yang menjadikan sebuah perusahan sukses. keadaan berubah, situasi ekonomi dinamis, dan beberapa pemimpin di luar sana gagal membuat transformasi. mereka tidak berhasil melakukan identifikasi. karena sense willingness to learn nya sudah mati sehingga terjebak dalam proses bisnis yang sama sementara keadaan berubah menuntut untuk menjadi adaptif dan resilien.

 

perusahaan hebat adalah kapal pesiar besar yang setiap menuvernya melibatkan risiko nasib seluruh orang di dalamnya. ia teruji waktu. berbenturan dengan brutalnya realita dan pahitnya dunia. namun nahkoda hebat selalu mampu mengidentifikasi dimana jalur laut paling cocok. menemukan cara untuk membuat kapal pesiarnya berlayar lebih jauh. merancang perjalanan hebat yang tidak mampu dilampaui oleh beberapa kapal pesiar lain. mereka yang berada di dalam kapal pun mampu bekerjasama untuk membangun pola kinerja adaptif yang mendukung visi dari pemimpin. sehingga semua berjalan beriringan dan perusahaan tersebut mampu melakukan lompatan dari perusahaan bagus menjadi perusahaan hebat.  because once you find a perfection, mediocrity never be option.

 

 

 

Penulis : Faizah Riffat

Editor : Ahmad Fuad

Article Lainnya


Marak Aksi Pengawasan, Bawaslu Larang Warga Lakukan Penindakan

Marak Aksi Pengawasan, Bawaslu Larang Warga Lakukan Penindakan

PARADASE.id - Tingginya animo masyarakat dalam mengawasi jalannya Pilkada Bontang 2020 dianggap sang...

Weighted Blanket : Cara Baru Menyayangi Diri Sendiri

Weighted Blanket : Cara Baru Menyayangi Diri Sendiri

ada cara baru menyayangi diri sendiri : weighted blanket namanya. dalam situasi pandemi beg...

Survei INDO Barometer: Neni-Joni Unggul 53 Persen, Sebutkan Warga Bontang Puas Kinerja Neni Moerneini

Survei INDO Barometer: Neni-Joni Unggul 53 Persen, Sebutkan Warga Bontang Puas Kinerja Neni Moerneini

PARADASE.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Indo Barometer (IB) merilis hasil survei elektabilitas ...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Bontang Siapkan 3 Posko Pengamanan

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Bontang Siapkan 3 Posko Pengamanan

PARADASE.id - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bonta...

JELAJAH