Kembali ke Artikel
5 Resep Mudah dari Dapur Waikohanga dokumentasi pribadi
20 Aug/2021

5 Resep Mudah dari Dapur Waikohanga

Waikohanga House. nama apartemen tempat kami tinggal. properti yang dikelola oleh University  of Auckland ini berasal dari bahasa Maori. memiliki arti "The Nerst Next to The River". "sarang" yang dekat dengan sungai.

 

Auckland adalah salah satu kota termahal di dunia. biaya sewa apartemen dua kamar kami di sini menyentuh angka lima ratus dollar setiap minggu. iya, properti di sini menarik sewa setiap minggu. mahalnya biaya hidup di Auckland ini membuat budget kami untuk makan di luar hanya satu kali seminggu. karena beli makan di luar itu mahal sekali. lebih mahal lagi membeli di restoran terverifikasi halal. sehingga pilihan kami untuk makanan murah dan halal adalah masak sendiri.

 

hidup setengah dekade di Auckland, berjibaku untuk bekerja, kuliah PhD, merawat suami, dan kini membesarkan Najwa membuat tuntutan membuat makanan cepat, halal, dan enak menjadi mutlak. berikut lima resep yang "berhasil" memenuhi tiga kriteria tersebut.    

 

 

1. Coromandel Green Lips Mussels in Garlic Butter Lemon Sauce

 

mussel dalam bahasa Indonesia adalah kerang hijau. menu ini biasanya saya beli dengan harga dua puluh dollar sepiring. kala itu saya iseng ingin mencoba memasaknya di dapur kami. kebetulan harga kerang hijau mentah di supermarket adalah empat dollar satu kilo. saya biasanya beli setengah kilo saja karena segitu sudah cukup. 

 

ternyata membuatnya sangat cepat. tidak sampai sepuluh menit. pertama tumis bawang bombay, bawang putih, paste dengan tomat, dan butter. diberi bubuk cabai dan tuang satu cup air. kalau di resep asli pakai white wine ya. karena ini versi halal makanya saya ganti dengan air. 

 

kita tunggu sampai airnya agak menyusut. lalu masukkan krim. krim ini bisa dibeli di supermarket atau bisa diganti dengan santan. setelah bumbu meresap barulah dimasukkan kerang hijaunya. tutup wajan. kecilkan api agar kerang hijaunya terkukus dengan sempurna.

 

setelah lima menit, kerang hijau posisi sudah terbuka kulitnya. lalu kasih perasan jeruk lemon, black pepper, dan parsley. selesai. hasilnya ? luar biasa. apalagi kalau dimakan bersama garlic bread.

 

 

2. Chicken Schnitzel

 

pada dasarnya ini hanyalah dada ayam yang dikasih bread crumb. bumbunya bawang putih saja. ayam terlebih dahulu dimarinasi semalaman sehingga keesokan paginya tinggal dimasukkan ke oven. dimakan dengan roasted vegetables. ini juga sama mudahnya. sayur diglaze minyak lalu ditaburi garlic powder dan merica. lalu dipanggang di suhu seratus delapan puluh derajat.

 

luar biasa cepat, murah, dan mudah kan membuatnya ?  

 

 

3. Gobi The Cauliflower

 

adalah cemilan Indo - China yang saya temui di India. ketika sedang nggak punya uang saya selalu masak ini. namun karena cemilan inilah saya menjuarai kompetisi International Student Recipe University of Auckland New Zealand. waktu itu saya dapat hadiah slow cooker. cara membuatnya sangat mudah dan murah. jadi si kuntum kembang kol ini diuleni dengan adonan yang terdiri dari : telur, tepung, garlic powder, kasmiri chili powder, garam, dan sedikit gula. setelah adonan menyatu dengan cauliflower nya alias kembang kol. lalu digoreng dan selesai.

 

rasanya sangat enak meski ini hanya berbahan dasar sayur. Gobi ini juga bisa dimasak dengan saus asam manis juga. namanya Gobi Manchurian. kalau Faizah bilang ini kembang kol goreng tepung dengan saus asam manis.

 

 

4. Beef Creamy Fettuccine

 

makanan ini pertama kali saya rasakan di restoran Pizza di Samarinda. waktu itu dengan almarhumah mama. saya memilih menu yang menurut mama aneh. waktu makanan ini datang, wangi garlic langsung tercium hidung saya. begitu suapan pertama masuk mulut saya, wow. it was creamy, rich, dan enak sekali buat saya. tapi mama bilang makanan ini aneh. mama tidak suka.

 

sejak saat itu saya selalu ingin bisa bikin fettuccine. "how they do it?" pikir saya. saya coba beli pasta di Samarinda lalu saya masak dengan santan. ya jelas gagal total hasilnya. waktu itu saya belum tahu bahwa ada krim khusus untuk masak.

 

saat di Jerman, kawan saya mengajari saya membuat spaghetti carbonara. saat itu dia bilang "this is the same white sauce for any Italian pasta". saat itu ia pakai telur dan krim masak. tapi kemudian saya rasa rasanya menjadi sangat fatty. akhirnya saya hilangkan item telur dari semua white sauce Italian pasta ala saya.  kemudian saya menemukan fakta kalau jamur jika dioseng sebentar dengan butter dan garlic powder membuat rasa creamy pada pasta semakin kuat. itulah senjata rahasia saya urusan pasta. 

 

sekarang, saya percaya diri bilang membuat makanan ini sangat mudah. pertama rebus pasta di air mendidih yang ditaburi sesendok garam dan minyak goreng agar pastanya tidak lengket di panci. kemudian setelah matang sisihkan. kemudian beef nya ditumis dengan bawang putih dan garam. setelah matang sisihkan. campur pasta dan beef. aduk bersama keju parmesan atau keju mozarella dengan api kecil (small heat). terakhir, campur beef dan pasta yang sudah tercampur bersama keju dengan white sauce.

 

saya jamin, hasilnya sama dengan fettuccine di restoran pizza di Samarinda !

 

 

5. Masak Banjar Warisan Mama

 

sangat mudah dan enak. daging sapi dimarinasi dengan kecap manis, kecap asin, merica, bawang putih, bawang merah, tomat, gula merah, dan cuka (atau asam). kemudian dipijat - pijat lah itu daging sama bumbunya. setelah selesai, panaskan butter dan tumis dagingnya. kasih sedikit tepung dan masukkan sayuran sesuai selera.

 

masih panas, angkat dan dimakan dengan nasi panas dan kerupuk udang. ya Allah, rasanya kayak pulang ke Samarinda. mudah, cepat, enak, halal !

 

 

***

 

jadi itulah lima makanan enak, mudah, cepat, dan halal dari dapur kami di Waikohanga House Auckland. kalian tertarik mencoba ?

 

 

Cerita : Nurul Kasyfita

Narator : Faizah Riffat

Editor : Ahmad Fuad 

Seri : Diary of Auckland 

Mussels in Garlic Butter Lemon Sauce
Mussels in Garlic Butter Lemon Sauce
Chicken Schnitzel
Chicken Schnitzel
Gobi The Crispy Cauliflower
Gobi The Crispy Cauliflower
Beef Creamy Fettuccine
Beef Creamy Fettuccine
Masak Banjar Warisan Mama
Masak Banjar Warisan Mama

Article Lainnya


Diskominfo Bontang: Ada Warga yang Menolak Pemasangan WiFi Gratis

Diskominfo Bontang: Ada Warga yang Menolak Pemasangan WiFi Gratis

PARADASE.id - Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominf...

Penanganan RTLH di Kaltim Capai 15.072 Unit

Penanganan RTLH di Kaltim Capai 15.072 Unit

PARADASE.id - Gubernur Kaltim Isran Noor, menyerahkan bantuan program Rumah Layak Huni (RLH) melalui...

Tema Kafe Dakwah

Tema Kafe Dakwah

Inway#159 Oleh : Rusmiati Indrayani Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra p...

Asik Main, Seorang Anak di  Kampung Mandar Lok Tuan Diserang Buaya

Asik Main, Seorang Anak di Kampung Mandar Lok Tuan Diserang Buaya

PARADASE.id - Buaya di Kampung Mandar Kelurahan Lok Tuan kembali berulah. Bocah berusia 6 tahun yang...

JELAJAH